media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Selasa, 24 Mei 2022

Home > > Bupati Ony: Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan Dengan Semangat Gotong Royong

Bupati Ony: Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan Dengan Semangat Gotong Royong

Gotong Royong Di Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Puncak peringatan BBGRM (Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat) ke XIX tahun 2022, diselenggarakan di Pendopo Wedya Graha, yang diikuti oleh jajaran Forkopimda beserta seluruh kepala desa se Kabupaten Ngawi.

Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi mengatakan bahwa peringatan BBGRM ke XIX adalah momentum dalam mewujudkan optimisme Jatim bangkit. “Dimana yang diupayakan adalah semangat gotong royong untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan pasca pandemi Covid-19, melalui gelaran kegiatan-kegiatan relaksasi berupa bersih desa, kegiatan kesenian dan kebudayaan di tingkat desa, yang bisa diadakan kembali,” kata dia. 

Ony menambahkan, guna menuju kebangkitan ekonomi kerakyatan, maka peran seluruh OPD sampai dengan tingkatan paling bawah termasuk Kepala desa sampai pada level partisipasi seluruh masyarakat. 

Selama ini peran Kepala desa tidak diragukan lagi dalam hal memperjuangkan desanya masing-masing, terbukti, mendasar Indeks Dersa Membangun (IDM) tahun 2022 dari total 4 kelurahan dan 213 desa di Ngawi, terdapat lebih dari 150 desa masuk status maju, 16 desa merupakan desa mandiri, dan sisanya dalam fase berkembang dan desa tertinggal sudah tidak ada. 

Sementara upaya evaluasi hadirnya semangat gotong royong yang dilakukan Pemkab Ngawi adalah melalui kegiatan sambang desa dan kegiatan subuh bergerak. Dari hasil pantauan di lapangan, masing-masing wilayah juga lakukan kegiatan serupa, yaitu menghadirkan semangat gotong royong dilingkungannya. 

Peringatan BBGRM ke XIX di Ngawi dilakukan dengan sejumlah kegiatan perlombaan, diantaranya lomba pelaksana terbaik 10 program pokok PKK, dengan terbaik I adalah Desa Keras Wetan Kecamatan Geneng, terbaik II adalah Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe serta terbaik III adalah Desa Kebon Kecamatan Paron. 

Lomba berikutnya adalah lomba administrasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, dengan juara I adalah Desa Sukowiyono Kecamatan Padas, juara II adalah Desa Talang Kecamatan Jogorogo serta juara III adalah Desa Banget Kecamatan Kwadungan. 

Untuk mengetahui kualitas desa dan kelurahan di Ngawi, juga diadakan lomba desa dan kelurahan, dengan juara I adalah Desa Keras Wetan Kecamatan Geneng, juara II adalah Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe serta juara III adalah Desa Patalan Kecamatan Kendal.  

Pewarta: sAy/dAm
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda