PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Jumat, 07 Oktober 2022

Home > > Bidang SDA Dinas PUPR Ngawi Lakukan Update Tahunan Data e-PAKSI

Bidang SDA Dinas PUPR Ngawi Lakukan Update Tahunan Data e-PAKSI

Berita Aplikasi e-PAKSI

SN-Media™ Guna keperluan data survey inventarisasi aset Jaringan Irigasi (JI) serta mengambil data secara real time kinerja aset irigasi, maka keberadaan e-PAKSI (Pengelolaan Aset Dan Kinerja Sistem Irigasi) di Daerah Irigasi (DI) adalah pengembangan dari sitem-sistem yang ada sebelumnya.

Dwi Miyatno Wahyu Dayanto, Kepala Bidang Sumber Daya Air SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Ngawi mengatakan sejak tahun 2018, program dari Ditjen Irigasi berupa PAI (Penelusuran Saluran Irigasi) serta sistem IKSI (Indeks Kinerja Saluran Irigasi, digabung menjadi satu aplikasi berbasis android yakni e-PAKSI. 

Sementara penggunaan e-PAKSI di Ngawi dimulai tahun 2020, setiap tahunnya selalu dilakukan updating sebagai syarat pengajuan DAK. 

Untuk progres pengajuan DAK sampai dengan 2022 terealisasi 80 JI dari total pengajuan 395 JI atau sekitar 20 %, dengan rincian tahun 2021 sebanyak 33 JI dan tahun 2022 diajukan 47 JI. 

Pelaksanaan updating e-PAKSI melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) bengawan Solo, yang mana untuk Pengembangan Dan Pengelolaan Sistem Irigasi (PPSI) untuk wilayah Ngawi bersama 3 kabupaten yang lain yaitu Madiun, Tuban dan Lamongan, menjadi kewenangan dari Pemerintah pusat.  

Pewarta: dam
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda