PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Kamis, 10 November 2022

Home > > Stasiun Onlimo Bengawan Solo Hulu Mampu Analisa Kualitas Air Secara Real Time

Stasiun Onlimo Bengawan Solo Hulu Mampu Analisa Kualitas Air Secara Real Time

Berita Hari Ini Seputar Ngawi

SN-Media™ Mgawi-Memanfaatkan kemajuan teknoligi dalam monitoring secara real time kualitas air, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ngawi mendirikan Stasiun Onlimo (Online Monitoring) di Bengawan Solo Hulu, tepatnya masuk Desa Jatimulyo, Kecamatan Mantingan.

Purnomo, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH), pada DLH setempat, menyapaikan bahwa pemasangan onlimo dilakukan untuk memastikan air baku bisa dimanfaatkan masyarakat. 

Masih menurutnya, Onlimo adalah sebuah sistem yang mampu menyajikan data kualitas air secara real time dan berkelanjutan selama 24 jam, sekaligus dalam pemantauan bisa dilakukan secara hybrit, baik offline maupun online. 

“Sehingga tren perubahan status mutu air dapat terpantau secara real time, sehingga masyarakat dapat menggunakannya, baik untuk sektor pertanian maupun perikanan,” jelas dia. 

Stasiun onlimo terdiri dari unit sensor otomatis yang dilengkapi alat pembersih sensor yang mampu menganalisa 11 parameter kimia dan fisika kualitas air diantaranya BOD, COD, DO, pH, Nitrate, TSS, TDS, Conductivity, Salinity, Turbidity, Ammonium. 

Onlimo juga sekaligus merupakan data logger dan telemetri system untuk menyimpan data dan sensor. Sumber energinya berupa panel surya dan pusat data yang terdiri dari PC dan smart TV. 

“Alat ini (onlimo) berbasis aplikasi yang terkoneksi dengan sistem server KLHK, sehingga pihak kementerian juga bisa memantau kondisi air yang ada di Bengawan Solo secara tepat waktu,” pungkasnya.  

Pewarta: DaM
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda