media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 02 Maret 2023

Home > > Tingkatkan SDM, Agar Pengawasan Jalan Dan Jembatan Bisa Tepat Metode Maupun Administrasi

Tingkatkan SDM, Agar Pengawasan Jalan Dan Jembatan Bisa Tepat Metode Maupun Administrasi

Pelatihan Pengawas PUPR Ngawi

Ngawi-Sinar Ngawi Media-Pentingnya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang jalan dan jembatan, adalah upaya mewujudkan proses pekerjaan jembatan dan jalan yang makin berkualitas mendasar ketentuan di bidang jasa konstruksi.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Ngawi, menggelar pelatihan pengawasan jalan dan jembatan Dinas yang berlangsung 2 hari (1-2/03), bertempat di Kurnia Convention Hall. 

Yesi Widyarti, Kabid Tata Bangunan Dan Bina Konstruksi, pada dinas PUPR setempat, mengatakan bahwa pelatihan adalah memberikan informasi kepada penyedia jasa konsultasi dan ASN PUPR mengenai spesifikasi jalan dan jembatan serta teknik pengawasan jalan dan jembatan. 

“Sehingga pengawasan jalan dan jembatan dapat tepat metode dan tepat administrasi,” kata dia. 

Sementara, Yanu Ikhtiar Budiman, narasumber dari Kementerian PUPR, menyampaikan, banyak hal yang baru terkait spesifikasi jalan dan jembatan umum, yang wajib diketahui oleh ASN PUPR dan pengawas, diantaranya tentang kebutuhan beton yang sudah tidak lagi konvensional melainkan kebutuhan beton memadat sendiri. 

Masih menurutnya, dalam pengawasan jalan dan jembatan yang ideal, pada saat pelaksanaan pekerjaan, keberadaan pengawas di lapangan setiap hari diperlukan dalam rangka memantau perkembangan pekerjaan, yang mana pengawas diwajibkan mengisi laporan harian. 

“Idealnya satu pengawasan pekerjaan dilakukan satu pengawas, sehingga dapat lebih fokus pada satu pekerjaan pengawasan, sehingga pengawasan dapat tepat metode, tepat administrasi serta dapat dipertanggungjawabkan secara tenis,” terangnya. 

Terkonfirmasin, pelatihan menghadirkan narasumber dari Kementerian PUPR yaitu Balai Bahan Jalan Dan Balai Jalan Dan Jembatan dari Bandung, sedangkan peserta sejumlah 60 orang, dari penilik jalan Dinas PUPR, ASN PUPR bidang Bina Marga serta Konsultan pengawas. 

Pewarta: TiM
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda