media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Rabu, 10 Mei 2023

Home > > GEMA PARUT, Strategi Pemkab Ngawi Dalam Ketersediaan Pangan Rumah Tangga

GEMA PARUT, Strategi Pemkab Ngawi Dalam Ketersediaan Pangan Rumah Tangga

Gema Parut Pada Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Ngawi Dalam Berita Ngawi terkini

SN-Media™ Kota-Mendasar data dari elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM), maka prevalensi stunting di Kabupaten Ngawi mengalami perkembangan yang lebih baik yakni 14,82 persen yang melebihi target nasioal.

Amirudin, Kabid Keamanan dan Diversifikasi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kabupaten Ngawi mengatakan, hal ini tak lepas strategi pemerintah daerah (Pemkab Ngawi) dalam gerakan penyediaan pangan masyarakat, baik secara perorangan maupun kelompok melalui program Gerakan Menanam Dengan Memanfaatkan Pekarangan Rumah Tangga (GEMA PARUT). 

Amir menambahkan, GEMA PARUT diluncurkan pertama kali pada Desember 2021 oleh Bupati Ngawi, melaui S.E nomor. 520/09.52/404.110/2021 tentang gerakan menanam. Dan GEMA PARUT berhasil dilaksanakan, dimulai dari perencanaan, penanaman hingga saat ini perlu dilakukan perlakuan panen dan pasca panen. 

Sebelumnya, selaku stakeholder pihaknya membagi 2 kelompok yang berperan penting pada terselenggaranya GEMA PARUT, yaitu kelompok pembudidaya yang menghasilkan produknya, serta kelompok petani milenial yang akan mengekskusi pasca panen, yang mempunyai jejaring pasar, utamanya untuk komoditi sayur. 

Sementara upaya meningkatkan program GEMA PARUT sendiri, terus dilakukan secara periodik, utamanya untuk tahun 2023 ini, melalui kegiatan sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) DAK non fisik dan GEMA PARUT tahun 2023, yang digelar di aula DKPP Ngawi 

Dengan harapan akan meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga serta meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar. 

Terpisah, Supardi, Kepala DKPP Ngawi, mengatakan bahwa GEMA PARUT adalah gerakan masyarakat, yang akan kembali untuk masyarakat,.

“Maka program tersebut harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kabupaten Ngawi, yang akan memfasilitasi segala sesuatunya, termasuk pemasaran,” pungkas Pardi. 

Pewarta: dAm
Editor : Yas
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda