media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Sabtu, 20 Mei 2023

Home > > Jaga Keharmonisan Dan Jalin Kedekatan Masyarakat, Polres Ngawi Bentuk Polisi RW

Jaga Keharmonisan Dan Jalin Kedekatan Masyarakat, Polres Ngawi Bentuk Polisi RW

Polres Ngawi Bentuk Polisi RW untuk menjalin harmonisasi dengan masyarakat dalam berita Ngawi terkini dan viral

SN-Media™ Kota- Apel gelar Polisi RW jajaran Polres Ngawi dilaksanakan di halaman Mapolres setempat yang dipimpinan oleh Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera S.H., S.I.K.,.M.H., dengan peserta terdiri dari PJU (pejabat utama), Kapolsek jajaran dan anggota serta 125 personel yang terseprin Polisi RW, pada Selasa (19/05/2023).

Tugas Polisi RW ini nantinya sebagai peredam gejolak warga dan menyelesaikan masalah atau problem solving sebelum tindak lanjut ke Polres. Diharapkan apabila ada masalah sosial diharapkan tidak meluas hingga satuan atas, tetapi bisa diselesaikan cukup di tingkat RT/RW.

Selain itu, Polisi RW ini bisa membantu percepatan informasi dan mencari solusi jika terjadi permasalahan. Salah satu persoalan klasik adalah masalah pertengkaran yang ringan dalam rumah tangga di perkampungan, dengan kehadiran Polisi RW bisa memecahkan masalah tersebut. 

Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H. S.I.K., M.H mengatakan, harapan dari terbentuknya Polisi RW ini, bisa benar-benar hadir dan berkiprah serta berbuat di tengah warga agar tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Kita ikatkan keharmonisan dan kedekatan kita dengan masyarakat. Pastikan kehadiran polisi bisa menjadi problem solving masyarakat di tingkat RW," katanya. 

Salah satu penekanan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si adalah agar lebih diintensifkan kehadiran polri di tengah masyarakat, sehingga terbentuk polisi RW Dwiasi menambahkan, dengan adanya konsep presisi dari Kapolri yang mengedepankan polisi untuk bagaimana bisa membaca dan memprediksi terhadap sebuah persoalan dan bagaimana polisi meresponnya. 

Kapolres Ngawi berharap anggota yang bertugas semua bisa memahami dan memaknai bukan hanya salam presisi dan menghafal kepanjangan dari presisi. Seperti halnya di program Polisi RW, diharapkan anggota yang bertugas apabila menemukan permasalahan sosial di perkampungan atau tingkat RT atau RW jangan dibiarkan, bila perlu didatangi rumahnya bersama dengan RT atau perangkat RW untuk menyelesaikan persoalan yang ada Dalam apel tersebut, 

Kapolres Ngawi juga menekankan agar polisi RW mengikuti grup WA yang ada di RW nya masing-masing, memonitor kegiatan dan melaporkan hasilnya kepada Pimpinan. 

"Kenali Ketua RT dan Ketua RW nya, masuk ke grup WA, monitor segala kegiatan masyarakat dan melaporkan hasilnya," lanjut Dwiasi Jika kepeduliam masyakarat terhadap Kamtibmas cukup tinggi, maka potensi kerawanan aksi kriminalitas dan kerawanan sosial akan bisa di reduksi. 

"Jika sudah seperti itu maka tugas polisi akan semakin ringan. Karena seyogyanya, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah tugas bersama," kata Kapolres Ngawi Karena menurutnya, kesadaran masyarakat sudah tinggi. Dan itu semua adalah tugas Polisi RW untuk memberikan edukasi dan asesmen terhadap setiap permasalahan di setiap RW. 

Menurut Dwiasi tidak ada bedanya dengan tugas Polisi sehari-hari yakni bangun kolaborasi, bangun komunikasi, bangun sinergi dan bangun kehangatan bersama masyarakat. Dengan dibentuknya Polisi RW ini, masih kata Dwiasi, minimal satu minggu ini sudah mulai menyambangi untuk melakukan koordinasi awal dengan RT dan RW yang ada. 

#polisiRW
#polresngawi
#polripresisi
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda