iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Sabtu, 24 Juni 2023

Home > > Wabup Ngawi: Penyelesaian Permasalahan Stunting Harus Terintegrasi Dan Berkolaborasi

Wabup Ngawi: Penyelesaian Permasalahan Stunting Harus Terintegrasi Dan Berkolaborasi

Ngawi-Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko dalam penurunan angka stunting dan kemiskinan

SN-Media™ Kota-Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, dalam pertemuan koordinasi tim percepatan penurunan stunting bersama PASTI (Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia), memberikan arahan berupa langkah strategis dalam penurunan angka stunting di masyarakat karena akan berdampak pada parameter turunnya kemiskinan di Kabupaten Ngawi.

Wabup Antok sekali lagi menegaskan, permasalahan stunting tidak bisa dipisahkan dengan permasalahan ekonomi atau kemiskinan, pendidikan, kesehatan, sosial dan permasalahan lain, sehingga penyelesaian permasalan stunting harus terintegrasi dengan penyelesaian masalah yang lain, dan berkolaborasi dengan banyak pihak terkait. 

“Maka program PASTI yang diluncurkan oleh Pemerintah diyakini dapat digunakan dalam penanganan stunting dan harus mendapat dukungan aktif dari Pemerintah daerah,” terang Antok.

Dia menambahkan, kasus stunting sangat berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang atau kualitas generasi emas tahun 2045 mendatang, sehingga kasus stunting mendapat salah satu masalah prioritas Pemerintah Indonesia. 

Terpisah, Erna Indrawati, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia pada Bappeda Ngawi, juga mengulas akan program PASTI, yang mana program empat tahun ini untuk mendukung komitmen Pemerintah untuk menjalankan peran sebagai koordinator implementasi rencana aksi nasional percepatan penurunan stunting. 

“PASTI akan berkontribusi pada percepatan penurunan stunting melalui peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan dan gizi berbasis masyarakat bagi keluarga berisiko stunting,” Terang Erna.

Lebih lanjut terangnya bahwa ,beberapa program PASTI diantaranya upaya pemberdayaan masyarakat, meningkatkan praktik gizi di kalangan remaja dan pasangan calon pengantin, dan memperkuat kapasitas kelembagaan serta tata kelola kolaboratif diantara pemangku kepentingan dalam implementasi konvergensi. 

Dapat diinformasikan, pelaksanaan pertemukankoordinasi tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Ngawi yang dinisiasi oleh BKKBN berlangsung di Pendopo Wedya Graha Pada Selasa (20/06/2023), selain dihadiri Wakil Bupati Ngawi dan Sekretaris Daerah, juga dihadiri stakeholder pengampu kebijakan terkait, serta pemaparan program PASTI oleh dr. Maria Adrijanti tang merupakan Chief Of Party Wahana Visi Indonesia (WVI). 

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok Kom
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda