iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Rabu, 03 Juli 2024

Home > > Merayakan Usia Dua Dekade, Perpustakaan Bung Karno Gelar Expo 2024

Merayakan Usia Dua Dekade, Perpustakaan Bung Karno Gelar Expo 2024

Masuk Usia Dua Dekade, Perpustakaan Bung Karno Gelar Expo 2024

SN-Media™ Blitar-Tahun 2024 merupakan tahun spesial bagi UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang memasuki usia dua puluh tahun. Dua dekade ini Perpustakaan Bung Karno menjadi ruang publik dalam melestarikan pemikiran Bung Karno melalui berbagai koleksi dan kegiatan yang menyentuh masyarakat.

Untuk merayakan dua dekade, lembaga yang diresmikan pada 3 Juli 2004 oleh Presiden Megawati ini menggelar kegiatan Perpustakaan Bung Karno Expo 2024 dengan tema “Sukaria Bersama”. Tema tersebut diambil dari lagu ciptaan Bung Karno dalam album Mari Bersuka Ria dengan Irama Lenso. 

Acara ini diselenggarakan di area kolam Perpustakaan Bung Karno mulai hari Rabu 3 Juli hingga Minggu 7 Juli dari siang hingga malam. Hari pertama dimulai dengan kegiatan Bedah Buku (Pidato) Bung Karno TAVIP (Tahun Vivere Pericoloso) pada pukul 08.00-12.00. Mengundang dua narasumber yakni: Abie Besman (News Executive Producer Kompas TV) serta Rojil Nugroho Bayu Aji (Dosen Sejarah Universitas Negeri Surabaya). 

Sukaria Bersama adalah semangat perayaan dua dekade hadirnya Perpustakaan Bung Karno di tengah masyarakat. Dengan merancang berbagai jenis kegiatan yang mengajak beragam elemen masyarakat untuk Sukaria Bersama. Mulai dari bedah buku, peragaan busana, pentas seni budaya, lomba mewarnai, seminar pengembangan diri, pelatihan wastra nusantara, pameran umkm, hingga senam massal. 

Selanjutnya acara Pembukaan Perpustakaan Bung Karno Expo 2024 mulai pukul 14.00-16.00, dengan mengundang Wali Kota Blitar, pejabat tinggi Perpustakaan Nasional RI, perwakilan negara asing, pimpinan OPD Blitar Raya dan Jawa Timur, serta pegiat literasi.

Dalam pembukaan ini juga menampilkan SMASA Choir (SMAN 1 Blitar) dan Tari Tunggal oleh Caca Mranggi. Setelah pembukaan, dilaksanakan Peragaan Busana Wastra Nusantara oleh tujuh desainer dari berbagai kota di Jawa Timur (Banyuwangi, Madiun, Malang, Jember, Situbondo), yang kemudian ditutup dengan Bincang Buku dan Menyanyi bersama Arda Naff. 

Acara yang dimoderatori oleh Dita Faisal (Praktisi Media TV dan Kreator Konten) ini bakal membahas proses kreatif Arda dalam menulis buku Pelabuhan Terakhir yang menceritakan perjalanan hidupnya bersama Tantri Kotak, sang istri. Hari Kedua, Kamis 4 Juli 2024dibuka dengan Sarasehan Batik bertema Fraktal: “Batik Klasik Hidden Gem Milik Blitar?” pada pukul 14.00-17.00 yang mengundang narasumber Yuliati Umrah (pegiat wastra, kolektor batik, Direktur ALIT Indonesia), Eni Setiawati (Perajin Batik), dan Rian Yogo (Akademisi dan Kolektor Batik Muda). 

Acara ini dirancang atas kerja sama Perpustakaan Bung Karno dengan ALIT Indonesia. Tak ketinggalan, Bhirama Keroncong (Blitar) akan memeriahkan acara hari kedua. Malam harinya dimulai pukul 18.00-21.00 terdapat penampilan dari UKM Musik UNISBA. 

Hari Ketiga, Jumat 5 Juli 2024 diawali dengan Seminar Ekonomi Kreatif dan Pariwisata bersama Laras Laksi selaku Direktur Women in Tourism Indonesia dan Agung Hartadi selaku pemilik kanal Youtube Pecah Telur. Dimulai dari pukul 15.00-17.00. 

Seminar ini mengangkat tema “Blitar Menyala Ekraf dan Pariwisatanya.” Kemudian mulai pukul 18.00-selesai terdapat Bincang Kehidupan bersama Ning Imaz (Khodimah Pondok Pesantren Lirboyo Kediri) dengan tema “Anti Galau Sepanjang Hidup”. 

Hari Keempat, Sabtu 6 Juli 2024. Mulai pagi pukul 08.00 dilaksanakan Lomba Mewarnai dan Menggambar Bung Karno Tingkat sekolah dasar. Acara ini menyasar para pelajar di Blitar Raya untuk mengenal sosok Bung Karno melalui kegiatan yang menyenangkan. Sore hari, mulai pukul 15.00-17.30 ada dua acara yang berlangsung bersamaan. Di panggung utama akan menampilkan sajian music dari Rhythm Music School. 

Sementara itu di Ruang Audio Visual dilaksanakan workshop berkain oleh Patria Wastra, ALIT Indonesia dan Putra-Putri Batik Blitar. Jika pagi hari menyasar pelajar tingkat sekolah dasar, malam harinya menyasar pelajar tingkat SMA. Bakal ada Festival Band Pelajar se-Blitar Raya yang diikuti enam band dari berbagai sekolah, kemudian ditutup dengan penampilan Sringatun Jenang Sumsum. 

Minggu 7 Juli 2024, merupakan hari penutup. Senam Sukaria akan mengajak masyarakat Blitar untuk berolahraga dengan ratusan hadiah. Senam ini dipandu oleh Yania, instruktur yang diimpor dari Malang.  

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News dan Chanel Whatsapp  

Humas Perpustakaan Bung Karno
Editor : Asy
Foto : Humas Perpustakaan Bung Karno
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda