PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Jumat, 07 Desember 2012

Home > > Produktif Sekaligus Ijo Royokan Tiap Pelosok

Produktif Sekaligus Ijo Royokan Tiap Pelosok

| SINAR NGAWI™ | portal pemberitaan Ngawi| Berita | Kabar | Warta | info | NEWS | terbaru | terkini | hari ini | LPSE NGAWI |NGAWI™ Ditengah upaya melakukan pemulihan kwalitas lingkungan hidup, Pemkab Ngawi dengan gencarnya melaksanakan peraturan perundang-undangan sesuai Kepres No 24 Tahun 2008 tentang penghijauan menuju 1 miliar pohon. Gerakan tersebut dengan dibuktikan menciptakan kawasan hijau diseluruh pelosok wilayah Kabupaten Ngawi.

Seperti yang diungkapkan Bupati Ngawi, Ir Budi Sulistyono, pada saat penanaman pohon sukun sebanyak 22.375 batang di Desa Semen, Kecamatan Paron yang dilakukan secara simbolis di lapangan desa setempat yang melibatkan seluruh jajaran SKPD dan Forpinda.

Menurutnya dengan penanaman pohon sukun yang jumlahnya ribuan batang tersebut diharapkan Desa Semen menjadi ikon dengan sebutan desa sukun. “Tujuanya adalah menuju Ngawi hijau sebagai bagian pencanangan program nasional, dengan demikian langkah selanjutnya menciptakan hijau yang berbasis ekonomi seperti di Desa Semen ini,” terang Ir Budi Sulistyono, Jum’at (7/12).

Hematnya, dengan pencanangan desa sukun dalam kurun waktu 4 sampai 5 tahun kedepan dipastikan Desa Semen akan jadi sentra produksi buah sukun yang mempunyai nilai ekonomis cukup baik. “Selain itu ini akan jadi bentuk penguatan ekonomi secara umum sebagai bagian ekonomi kerakyatan terhadap warga desa,” tuturnya lagi.

Janjinya untuk kedepan dalam menata penguatan ekonomi diberbagai sector, Mbah Kung (panggilan akrab Ir Budi Sulistyono-red) secara optimis mampu menciptakan satu desa satu program. Pihaknya mencontohkan dalam merealisasikan program tersebut, seperti di Desa Sumberbening,

Kecamatan Bringin dalam waktu dekat akan menjadi desa tambak yang menitik beratkan pada perikanan terpadu dengan memanfaatkan sumber daya alam di Waduk Sangiran. Ditambah dalam bulan ini secara serentak akan dilakukan penanaman ribuan pohon durian di seluruh wilayah Kecamatan Ngrambe.

Tidak hanya itu, dalam kurun setahun ini jelas Mbah Kung juga telah berhasil mengembangkan terobosan dengan menciptakan sentra budidaya kambing seperti di Desa Pelang Lor, Kecamatan Kedunggalar.

Maka sesuai targetnya pada tahun 2013 nanti gerakan penghijauan yang dilakukan Pemkab Ngawi akan mampu menanam kurang lebihnya 1, 9 batang pohon buah-buahan serta pohon lindung yang tersebar di 19 kecamatan.

Dengan adanya beberapa program berbasis kerakyatan secara stimulus tersebut, Mbah Kung menguraikan dalam tahun ini peningkatan ekonomi sesuai indeknya menembus angka 6 persen lebih pada tingkatan kabupaten.

Dalam waktu yang sama Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ngawi, Setiono, mengatakan dalam pelaksanaan penanaman ribuan pohon sukun di Desa Semen pemanfaatanya bisa multi fungsi baik nilai ekonomisnya maupun bentuk upaya mempertahankan kelestarian lingkungan dengan keanekaragaman hayati didalamnya.

“Program penghijauan ini akan terus kita lakukan secara periodik setiap tahunya, sehingga wilayah Ngawi akan menjadi daerah yang ijo royo-royo dan berproduktif bagi warganya,” pungkas Setiono. (pr)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda