PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 19 Juli 2017

Home > > Wujudkan Pertanian Jadi Sektor Utama Usaha Desa

Wujudkan Pertanian Jadi Sektor Utama Usaha Desa

Profille desa mangunharjo Kec/kab Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Dengan ketinggian 1500 Meter Di atas Permukaan Laut (MDPL), Desa Mangunharjo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi sangat berpotensi mengembangkan pertanian. Terbukti desa yang jarak tempuh dari pusat kota kabupaten sejauh 9 Km dan berpenduduk sekitar 6114 jiwa, hampir saparuh warganya memilih untuk bertani, meski ada sejumlah 678 keluarga yang tak memiliki lahan pertanian sendiri.

“Kita akan kembangkan terus hasil pertanian khususnya padi. Salah satunya dengan melakukan perbaikan infrastruktur jalan dengan paving block,” terang Purnomo Kades setempat.

Tambahnya, selain mempermudah akses hasil pertanian, juga untuk mendongkrak usaha lainnya yang mulai berkembang pesat di desanya.

Beberapa diantaranya, adalah usaha IKM, jasa angkutan serta jasa ekspedisi pengiriman barang yang dilakukan oleh 24 pengusaha, selain adanya 18 kios, 5 unit toko kelontong serta 4 unit pengolahan kayu.

“Jadi akses jalan yang memadai menjadi prioritas, dan pavingisasi di Dusun Pendem yang menggunakan Dana Desa (DD-Red) diharapkan mampu mengangkat kesejahteraan warga,” terang dia lagi.

Secara garis besar, Desa Mangunharjo memiliki luas 721,60 Ha, terdiri dari 6 dusun, diantaranya Dusun Waruk, Dusun Munggur, Dusun Nguwin serta Dusun Krawul.

Untuk lembaga pendidikan, diantaranya 4 lembaga Play Group, 1Sekolah Dasar Negeri dan 1 SMP. Sedang utuk prasarana kesehatan terdiri dari 1 unit Puskesmas pembantu, dan 11 unit Posyandu.
Pewarta: Kun/sOn
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda