PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Selasa, 08 Mei 2018

Home > > Serius Garap Sektor Pertanian, Desa Jogorogo Terus Benahi Akses Jalan

Serius Garap Sektor Pertanian, Desa Jogorogo Terus Benahi Akses Jalan

Profile Desa Jogorogo Ngawi

SINAR NGAWI™ Jogorogo-Terletah di lereng barat Gunung Lawu, Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Ngawi, sebagian besar warganya masih mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian utama mereka. Nur Ekawati, Kades setempat memaparkan, dengan adanya pembangunan infrastruktur khususnya akses jalan baik berupa rabat beton maupun paving block akan sangat membantu jalannya roda ekonomi warga.

“Dengan pembangunan yang didanai Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018, yang berlokasi di Dusun Jogorogo, diharapkan akan mempermudah akses warga baik untuk distribusi hasil pertanian maupun kesehatan dan pendidikan,” terang dia.

Tambahnya, dari 12 desa yang ada di Kecamatan Jogorogo, Desa Jogorogo sendiri juga terkenal dengan hasil buah-buahan yang merupakan pendukung ekonomi warga.
Mendasar penggunaan tanah, untuk lahan pertanian mecapai 314,94 Ha, sedangkan tanah kering 336,94 Ha.

“Jadi produksi pertanian baik berupa padi maupun buah-buahan sangat besar dan ini terus mendapat perhatian utama kami, meskipun untuk sektor usaha kecil menengah juga tak luput untuk dibina dan dikembangkan,” terangnya lagi.

Sementara, Desa Jogorogo yang mempunyai ketinggian 150,00 Meter Di Atas Permukaan Laut (MDPL) berada sekitar 11 KM dari puncak Gunung Lawu serta 29 KM dari pusat pemerintahan kabupaten, mempunyai luas 718,24 Ha.

Bebrapa lembaga yang berkembang diantaranya, 1 lembaga koperasi simpan pinjam dan 40 kelompok simpan pinjam.

Untuk batas desa, Sebelah utara Desa Dawung dan Desa Tanjung Sari, sebelah selatan Desa Kletekan dan Desa Brubuh, sebelah timur Desa Macanan dan bagian barat berbatasan langsung dengan Desa Setono.

Sebagai penunjang kesehatan warga, Desa Jogorogo juga terdapat beberapa layanan kesehatan, diantaranya, Puskesmas 1 unit, Apotik 2 unit, Posyandu 5 unit serta jumlah rumah atau kantor praktek dokter ada 1 unit.

Sedangkan sarana dan prasarana pendidikan, Gedung SMA/sederajat ada 2 lembaga, SMP 1 lembaga dan SD sederajat ada 5 lembaga serta TK dan Tempat Bermain Anak sebanyak 11 lembaga.(Advertorial)
Pewarta: Kun/pAn
Editor: Kuncoro


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda

 
close
Banner iklan disini