media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 06 Mei 2021

Home > > Langkah Konkret Dalam Pencapain Efektivitas Pengelolaan Anggaran

Langkah Konkret Dalam Pencapain Efektivitas Pengelolaan Anggaran

Berita Bakeu Ngawi

SINAR NGAWI™ Ngawi-Capaian predikat A (memuaskan) 3 kali berturut-turut atas prestasi dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tak lepbas dari iklim sinergitas antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam esifiensi pengelolaan anggaran.

Indah Kusumawardhani, Plt Kepala Badan Keuangan (Bakeu) Kabupaten Ngawu mengatakan bahwa dalam perjalanan mulai dari perencanaan berupa Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) sampai dengan penetapan RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) harus runut dan kronologis. 

“Jadi OPD dalam menentukan prioritas kegiatan maupun sub kegiatan harus disertai capaian kinerja, sasaran dan plafon anggaran,” kata dia. 

Tambahnya, Bupati sebagai kepala daerah, akan menerbitkan SE (Surat Edaran) sebagai pedoman bagi tiap OPD dalam menyusun rencana kerja dan anggaran (RKA) dengan tolak ukur analisa standar belanja (ASB) yang berbasis standar satuan harga (SSH) dalam penyusunan rencana kebutuhan barang milik daerah (RKBMD). 

“Semua hartus diinput dalam SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah) mendasar regulasi Permendagri sebagai bahan penyusunan RAPBD,” pungkasnya. 

Pewarta: sAy
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda