media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Minggu, 27 Desember 2015

Home > > Menuju Swasembada Pangan, Petani Dan TNI Gotong Royong Benahi Saluran Irigasi

Menuju Swasembada Pangan, Petani Dan TNI Gotong Royong Benahi Saluran Irigasi

Menuju Swasembada Pangan, Petani Ngawi Dan TNI Gotong Royong Benahi Saluran Irigasi

SN™ NGAWI-Guna mensukseskan program swasembada pangan nasionan, baik para petani maupun lahan pertanian di Kabupaten Ngawi mendapat perhatian serius. Pencanangan pada tahun 2017 sudah bisa mencapai target kedaulatan pangan, pemerintah pusat telah menjalin kemitraan, khususnya dengan TNI Angkatan Darat, untuk mendampingi petani baik dari segi bercocok tanam maupun pengoptimalan irigasi.

Seperti yang terlihat di Desa Pohkonyal, Kecamatanm Pangkur, Babinsa Koramil Pangkur jajaran Kodim 0805/Ngawi Serda Abdul Rohman bersama masyarakat Desa Pohkonyal Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi, melakukan gotong-royong massal membersihkan saluran irigasi sawah di wilayah Pohkonyal tersebut, Minggu 27 Desember 2015.

Camat Pangkur Yuanto, S.Sos, menyampaikan bahwa Babinsa yang selama ini bertugas di desanya selalu memberikan saran-saran yang positif termasuk kegiatan gotong-royong.

"Yang saat ini kami lakukan juga atas saran beliau. Kami sangat terbantu dengan kehadiran babinsa yang sudah berperan serta di masyarakat untuk kemajuan desa kami dan khususnya dalam memajukan pertanian", ujar Camat Pangkur Yuanto, S.Sos.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh Koramil 0805/02 Paron jajaran Kodim 0805/Ngawi melakukan pemantauan perbaikan saluran irigasi di Desa Gentong, Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi, Minggu 27 Desember 2015.

”Pemantauan ini untuk mengetahui sejauh mana perbaikan saluran irigasi itu,” kata Danramil 0805/02 Paron Kapten Inf Amin Sutikno.

Menurut dia, pemantauan itu penting pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Sebab saluran irigasi itu mempunyai fungsi penting dalam keberhasilan pertanian.

”Dengan nanti selesainya perbaikan saluran irigasi itu maka pengaturan air menjadi lebih tertib. Sehingga pemanfaatan air menjadi lebih efektif,” jelasnya.

Terpisah, Dandim 0805/Ngawi Letkol Inf Sugiyono, menyampaikan bahwa kegiatan gotong-royong tersebut merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dan dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik maka harus dilakukan pembersihan agar pengairan disawah dapat berjalan dengan lancar.

"Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang maksimal yang mampu mendongkrak kesejahteraan para petani", pungkasnya.
Pen
Editor: Kuncoro


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda