media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Minggu, 26 Maret 2023

Home > > Jalankan Program Ketahanan Pangan, Pemdes Sekarputih Bangun Drainase Kawasan Pertanian

Jalankan Program Ketahanan Pangan, Pemdes Sekarputih Bangun Drainase Kawasan Pertanian

Drainase Sawah

Sinar Ngawi Media-Sekarputih, Desa mempunyai fungsi strategis dalam terpenuhinya kebutuhan dasar. Maka dalam dalam skala prioritas penggunaan Dana Desa mendasar Permendes No 7 tahun 2021, sebesar 20% digunakan untuk ketahanan pangan dan hewani.

Pemdes Sekarputih Kecamatan Widodaren Ngawi, pun melakukan pembangunan drainese kawasan pertanian, tepatnya masuk Dusun Dadapan RT 05/03, dalam penggunaan DD tahun 2023, yang telah dibahas dan disepakati dalam musdes beberapa waktu lalu. 

Sukiman, Kades setempat mengatakan, pemenuhan akan infrastruktur, khususnya dalam program ketahanan pangan dan hewani, maka pembangunan drainase di kawasan persawahan, akan sangat membantu bagi para petani dalam mengolah sawah. 

“Dengan adanya drainase, diharapkan perilaku air lebih bisa dikontrol, sehingga mampu menaikkan hasil produksi padi,” kata dia. 

Program prioritas desa, masih menurutnya, telah melalui tahapan musdes yang melibatkan beberapa elemen masyarakat, juga menetapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos dari BLT-DD, serta melakukan percepatan penanganan gizi buruk dan percepatan penanganan kemiskinan. 

Sementara, Desa Sekarputih merupakan salah satu dari 12 desa yang ada di Kecamatan Widodaren. Dengan jumlah penduduk 6.700 jiwa, mayoritas penduduknya adalah sebagai petani.  

Pewarta: Asri
Editor : Kuncoro
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda