iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Senin, 26 Juni 2023

Home > > PUPR Ngawi Tingkatkan SDM Operator Sumur Dalam Dengan Menggelar Pelatihan

PUPR Ngawi Tingkatkan SDM Operator Sumur Dalam Dengan Menggelar Pelatihan

PUPR Ngawi menggelar pelatihan operator sumur dalam-berita terkini terbaru hari ini

SN-Media™ Kota-Dinas PUPR Kabupaten Ngawi menggelar pelatihan operator sumur dalam dengan menghadirkan narasumber dari petugas dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, bertempat di Kurnia Convention Hall, Selasa (26/06/2023).

Wahyana, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Air Tanah Dan Air Baku (ATAB) BBWS Bengawan Solo, dalam keterangannya mengatakan, Pengairan Pertanian adalah faktor penunjang keberhasilan pertanian termasuk wilayah Ngawi yang merupakan lumbung padi nasional. 

“Sarana dan prasarana pengairan bisa diupayakan, namun demikian harus satu paket dengan kemampuan petugas pengairannya,” terang Wahyana. 

Pelatihan kepada operator sumur dalam, masih menurut dia, adalah sangat diperlukan guna meningkatkan kemampuan dan ketrampilan operator sumur dalam menjalankan atau mengoperasikan dan mengawal kondisi agar bisa sesuai dan tepat manfaat bagi petani dan pemanfaat air. 

“Dengan begitu akan sangat mendukung sarana dan prasarana serta produktivitas pertanian tetap terjaga, seimbang dengan target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah daerah,” sambungnya. 

Beberapa kendala yang sering dihadapi oleh operator dalam pengoperasian sarana prasarana pengairan, diantaranya kesulitan untuk mendapatkan BBM, kendala kerusakan pada switch starter pada mesin dan penggantiannya, serta pengelolaan serta pemeliharaan bangunan atau sarana prasarana yang dioperasikan memerlukan koordinasi dengan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A). 

Ditempat yang sama, Dwi Miyatno Wahyudayanto, Kabid Sumber Daya Air (SDA), pada Dinas PUPR kabupaten Ngawi menginformasikan, untuk lahan pertanian di Ngawi seluas 24.040 hektar dengan 395 daerah irigasi. 

Sejumlah anggaran juga disiapkan untuk mewujudkan tata kelola SDA, termasuk memberikan pelatihan kepada operator sumur dalam, yang mana dengan harapan dapat meningkatkan produksi pertanian dari tahun ke tahun, utamanya sektor pertanian padi.  

Pewarta: Dam
Editor : Asy
Foto : Dok SNM
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda