iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Jumat, 02 Juni 2023

Home > > Desa Simo Selaraskan Prioritas Dana Desa Melalui Pembangunan Drainase Dan Talud Jalan Usaha Tani

Desa Simo Selaraskan Prioritas Dana Desa Melalui Pembangunan Drainase Dan Talud Jalan Usaha Tani

Berita Ngawi Hari ini terbaru terkini dalam berita Dana Desa 2023 Desa Simo Kwadungan Untuk Pembangunan Drainase Dan Talud Jalan Usaha Tani

SN-Media™ Simo, Kwadungan-Pemdes Simo kecamatan Kwadungan Ngawi melakukan pembangunan drainase dan talud  Jalan Usaha Tani (JUT) dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2023, mendasar program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, yakni ketahanan nabati dan hewani maupun ketersediaan infrastruktur yang layak.

Darjo, Kades setempat mengatakan bahwa banjir dan longsor merupakan fenomena yang kerap terjadi saat musim penghujan datang. Karena alasan tersebut, pihak pemdes bersama masyarakat berupaya untuk melakukan antisipasi banjir dan tanah longsor, salah satunya dengan memprioritaskan Dana Desa untuk infrastruktur pembangunan drainase dan talud, masuk wilayah Dusun Simo RT 03/02. 

“Tujuan pembangunan drainase dan talud jalan usaha tani, guna mengantisipasi terjadinya genangan air saat musim penghujan, serta mendongkrak produksi padi,” kata dia. 

Masih tambah Darjo, pembangunan dilakukan secara swakelola oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), mendasar hasil musdes dalam penetapan skala prioritas dalam pembangunan dari anggaran DD. 

Terkonfirmasi, Desa dengan luas 199,400 Ha, memiliki jumlah penduduk sekitar 1.618 jiwa yang terbagi menjadi 623 Kepala Keluarga (KK), dengan jarak tempuk ke Ibu Kota Kecamatan sejauh 500 meter, serta jarak tempuk ke Ibu Kota Kabupaten sekitar 20 Km. 

Sementara, pembangunan drainase dengan volume 55 meter dan talud jalan usaha tani sepanjang 115 meter dianggarkan melalui DD Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp 93,876 juta. 

“Untuk penanganan pengentasan kemiskinan ekstrem, juga telah ditetapkan melalui musdes, melalui BLT-DD sebanyak 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” pungklasnya.  

Pewarta: PaN
Editor : Asy
Foto : Dok SNM
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda