iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Rabu, 05 Juli 2023

Home > > Jaga Kerukunan, Desa Ringinanom Lestarikan Budaya Kearifan Lokal Dalam Tradisi Nyadran

Jaga Kerukunan, Desa Ringinanom Lestarikan Budaya Kearifan Lokal Dalam Tradisi Nyadran

Pemdes Ringinanom Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi Menggelar Nyadran-Bersih Desa punden makam berita info terkini terbaru hari ini

SN-Media™ Ringinanom, Ngawi-Pemerintah Desa Ringinanom, Kecamatan Karangjati Ngawi melakukan kegiatan bersih desa atau yang kerap disebut nyadran, yang selain melestarikan tradisi juga sekaligus untuk menjaga maupun menciptakan kerukunan warga masyarakat.

Rutinitas tahunan tradisi nyadran yang dilaksanakan pada Senin (26/062023), pada siang hari diawali kegiatan istighosah di makam Desa Ringinanom, masuk Dusun Ringinanom RT 03/05, kemudian malamnya dilanjut dengan kegiatan yang sama yakni menggelar istighosah di setiap Masjid maupun Mushola yang ada di desa. 

Sukardi Kepala Desa setempat memaparkan, bahwa tradisi sakral tahunan bersih desa, merupakan sarana yang tepat untuk melestarikan budaya kearifan lokal dan juga sebagai bentuk rasa syukur warga masyarakat atas semua karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang mana kedaan desa aman dan tenteram. 

“Dengan gotong royong dalam melakukan tradisi nyadran atau bersih desa, merupakan cermin kerukunan warga masyarakat desa, sehingga budaya ini perlu untuk dilestarikan,” jelas Sukardi. 

Dalam gelaran bersih desa saat istighosah di makam Desa Ringinanom , selain melibatkan masyarakat serta tokoh masyarakat, juga dihadiri Kepala Desa beserta jajarnnya, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas dan perwakilan dari kecamatan. 

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok Des
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda