iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Senin, 03 Juli 2023

Home > > Sejahterakan Petani, DKPP Ngawi Beri Bantuan Sarana Alat Mesin Budidaya Tembakau

Sejahterakan Petani, DKPP Ngawi Beri Bantuan Sarana Alat Mesin Budidaya Tembakau

DKPP Kabupaten Ngawi Beri Bantuan Sarana Alat Mesin Budidaya Tembakau dari anggarn DBHCHT tahun 2023-berita harga tembaku terkini terbaru hari ini

SN-Media™ Ngawi-Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) Ngawi, melaui Bidang Perkebunan dan Hortikultura, memberikan motivasi bagi para petani tembakau untuk lebih berkomitmen dalam peningkatan areal tanam, produksi dan produktivitas tembakau di Kabupaten Ngawi.

Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Bahan Baku kegiatan Dukungan Sarana dan Prasarana Usaha Tani Tembakau TA 2023, dilakukan sebagai langkah pembinaan kepada petani tembakau agar lebih meningkatkan produktivitas tanaman tembakau dan peningkatan mutu hasil tembakaunya.

Kabid Perkebunan dan Hortikultura pada DKPP setempat, Hendro Budi Suryawan menjelaskan, pemerintah memberikan bantuan sarana alat mesin berupa Hand Sprayer untuk 20 Kelompok Tani, Cultivator untuk 10 kelompok tani, kendaraan roda tiga untuk 10 kelompok tani dan hand traktor untuk 2 dua kelompok tani. 

Hendro pun menambahkan bahwa kelompok tani penerima sudah lolos seleksi dan telah memenuhi persyaratan teknis maupun administrasi. Alat mesin yang diperbantukan menjadi aset kelompok tani yang harus dirawat dan dimanfaatkan untuk kepentingan petani. 

“Alat mesin yang diperbantukan harus dilaporkan secara berkala tentang kondisi mesinnya kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan tidak boleh dijual,” terang dia. 

Terpisah, Sojo ketua DPC Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Ngawi selaku narasumber pada sosialisasi Kegiatan Pengawasan Penggunaan Sarana Pertanian yang menggunakan anggaran DBHCHT tahun 2023, memaparkan, pasar tembakau terbuka luas, dan secara analisa usaha tani ketika dikelola dengan baik, hasil dari menanam tembakau lebih besar jika dibandingkan dengan menanam padi. 

“Diharapkan brand tembakau Karangjati akan bangkit lagi dan bisa menjadi ikon tersendiri buat komoditi perkebunan di kabupaten Ngawi,” kata Sojo.  

Pewarta:Pan
Editor : Asy
Foto : Dok DKPP
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda