iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 20 Juli 2023

Home > > Di TMII Jakarta, Penampilan Dalang Bocah Dio Undang Decak Kagum Pecinta Wayang Kulit

Di TMII Jakarta, Penampilan Dalang Bocah Dio Undang Decak Kagum Pecinta Wayang Kulit

Tampil Memukau Dalang cilik asal Ngawi Bernadio Aditya Prayoga, di TMII Jakarta bawakan lakon Babad Alas Wanamarta-acara,agenda, pagelaran wayang kulit, dalang bocah, dalang anak

SN-Media™ Jakarta-Menyembut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H/2023 M, Pemerintah Kabupaten Ngawi Menggelar Wayang Kulit semalam suntuk dengan menghadirkan dalang 3 generasi, yakni dalang anak, dalang muda serta dalang dewasa bertempat di Anjungan Jawa Timur TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Jakarta, Selasa (18/07/2023) malam.

Gelar seni budaya wayang kulit pakeliran padat diawali dengan lakon Babad Alas Wanamarta, yang dibawakan secara apik oleh dalang cilik Bernadio Aditya Prayoga, yang merupakan siswa kelas IV SDN Karangtengah 4 Ngawi. 

Dio, begitu sapaan kesehariannya, mahir dan lancar membawakan alur cerita serta sabetannya mampu memukau para penonton dan tamu undangan yang hadir. 

Nur Wahyudi, Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) kabupaten Ngawi dalam keterangannya kepada awak media membenarkan adanya penampilan dalang cilik dari Ngawi di TMII tersebut, yang cukup mengundang decak kagum dari pengunjung TMII. 

“Dengan menggelar wayang pakeliran padat, dari dalang bocah, dalang muda dan dewasa, ini membuktikan bahwa kesenian tradisional tidak akan punah dan tetap dicintai masyarakat Indonesia dan di Ngawi disetiap generasi ada dalangnya, dari dalang dewasa terus diturunkan kepada generasi-generasi berikutnya,” jelas Nur Wahyudi. 

Sementara Karyani, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) kabupaten Ngawi mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan patut mengacungkan jempol, ternyata masih ada pemuda yang mau menekuni seni budaya tradisional Indonesia utamanya wayang kulit. 

“Dengan tetap eksisnya kesenian tradisional, dalam hal ini wayang kulit, tak lepas dari kecintaan generasi muda, dikarenakan pemuda menjadi kunci terpeliharanya seni kebudayaan asli Indonesia, sehingga diharapkan pemuda tidak malu terhadap budayanya sendiri,” jelas Karyani. 

Dapat diinformasikan, dalang bocah, Bernadio Aditya Prayoga yang mampu menghipnotis penonton di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta, tak lepas dari dukungan orang tuanya, Dwi Rianto Jatmiko yang tak lain adalah Wakil Bupati Ngawi. 

Beberapa kejuaraan, seperti juara 1 lomba dalang bocah tingkat Kabupaten Ngawi, serta juara 2 tingkat provinsi Jawa Timur, ini membuktikan bahwa Dio dalam usia anak-anaknya telah mendapat hati darai para penggemar wayang kulit di tanah air.  

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok dam
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda