iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Minggu, 08 Oktober 2023

Home > > Angkat Bidang Fashion, Siswa SMASA Ngawi Raih Medali Emas Dalam FIKSI 2023

Angkat Bidang Fashion, Siswa SMASA Ngawi Raih Medali Emas Dalam FIKSI 2023

Angkat Bidang Fashion, Siswa SMASA Ngawi Raih Medali Emas Dalam FIKSI 2023

SN-Media™ Ngawi-Melalui Kemendikbudristek, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) dalam berbagai cabang lomba bagi pelajar setingkat SMA/SMK tahun 2023.

Untuk tahun 2023 ini SMAN 1 Ngawi, yang kerap dengan nama SMASA, mengeluarkan 1 tim untuk FIKSI, terdiri dari 2 anggota yaitu Bagas Qolbu Cetta dan Maulidia Tafsirin pelajar XI, yang keduanya sepakat mengangkat bidang fashion yaitu modifikasi perca, tenun dan lukis, dengan hasil yang menggembirakan dengan menambah koleksi medali emas bidang fashion kategori pengembangan usaha untuk SMAN 1 Ngawi. 

Sunarta, Kepala Smasa Ngawi dalam keterangannya kepada awak media mengatakan, FIKSI merupakan lomba bergengsi di bidang kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Tentunya torehan medali emas dari lomba Fiksi oleh tim Bagas dan Maulidia tersebut membawa nama harum sekolah. 

“Dan pihak sekolah menyampaikan terima kasih atas usaha dan kerja keras dari tim beserta pembina, yang sekaligus diharapkan dapat memicu spirit bagi teman-teman yang lain untuk bisa berprestasi, yang tentunya prestasi tersebut tidak hanya mengharumkan nama sekolah, namun demikian akan berpengaruh juga untuk masa depannya,” jelas dia. 

Ia menambahkan, adanya reward berupa sertifikat kejuaraan akan sangat menunjang untuk siswa tersebut dapat diterima di PTN dengan jalur prestasi atau SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi). 

Terpisah, Bagas Qolbu Cetta dan Maulidia Tafsirin, Tim FIKSI dari SMASA Ngawi menegaskan bahwa ide upcycle tersebut diambilnya, dikarenakan unik dan belum ada yang lain. Berbekal pengalaman yang minim, keduanya memulai dari tahapan pertama untuk mengikuti rencana seleksi bisnis, yang menghasilkan lolos ke tahap kedua, serta tidak menyangka sukses melaju ke babak final di Jakarta pada 25 hingga 27 September 2023, yang akhirnya medali emas dikalungkan kepada keduanya, beserta reward yang lain, ternasuk uang pembinaan sebesar Rp 10 juta. 

Selanjutnya masih ada gelaran lomba oleh Kemendikbudristek Pusat, yaitu OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia), kebetulan ada tim dari SMAN 1 Ngawi yang juga menjadi finalisnya, yang diharapkan akan memperoleh prestasi sebagaimana prestasi tim Fiksi. 

Dapat diinformasikan, ajang talenta FIKSI dalam berbagai cabang, untuk jenjang SMA terdiri dari 6 cabang lomba yakini Kriya, Game, Aplikasi & Video Animasi, Fashion, Desain Grafis, Boga serta Lintas Usaha. 

Sedangkan untuk jenjang SMK yang dilombakan merupakan spektrum dari cabang keahlian diantaranya Agribisnis, Agroteknologi dan Kemaritiman, Kesehatan dan Wirausaha Sosial, Pariwisata dan Kuliner, Industri Kreatif kemudian Teknologi Digital. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News 

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok Dam
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda