iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Jumat, 23 Februari 2024

Home > > P2L, Sarana Tingkatkan Ketersediaan Pangan Beragam Berbasis Potensi Sumber Daya Lokal.

P2L, Sarana Tingkatkan Ketersediaan Pangan Beragam Berbasis Potensi Sumber Daya Lokal.

P2L, Sarana Tingkatkan Ketersediaan Pangan Beragam Berbasis Potensi Sumber Daya Lokal.

SN-Media™ Ngawi-Pekarangan Pangan Lestari yang kemudian disebut P2L, adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama dalam memanfaatkan lahan tidur maupun lahan pekarangan agar bisa produktif sebagai pemenuhan sumber pangan secara berkelanjutan.

Amirudin, Kepala Bidang Keamanan dan Diversifikasi Pangan di Dinas Ketahanan Pangan dan dan Pertanian (DKPP) kabupaten Ngawi menjelaskan, P2L merupakan program berkelanjutan dari pemerintah pusat, yang dicanangkan sejak tahun 2020, yang merupakan program lanjutan dan gubahan dari sebelumnya yaitu KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). 

Adapun tujuan program ini adalah peningkatan pendapatan keluarga, pemanfaatan pangan lokal, peningkatan gizi keluarga untuk mengatasi permasalahan stunting. Lebih lanjut ditambahkan bahwa program P2L di Ngawi dengan lahan yang disiapkan mempunyai ukuran 400 m persegi atau ukuran lebar 10 meter dan panjang 40 meter, mengharuskan pekarangan rumah ditanami dengan tanaman sayur jenis tanaman terong maupun gambas. 

Progres program P2L di Ngawi, dari tahun ke tahun alami perkembangan yang cukup signifikan, yaitu dari jumlah sejumlah 9 KPM(Kelompok Penerima Manfaat) pada tahun 2023, dan meningkat menjadi 16 KPM di tahun 2024. 

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah dalam rangka menyukseskan program P2L. Sebagai kepanjangan tangan Pemerintah, DKPP Ngawi mempunyai peranan untuk fasilitasi bantuan stimulan, menyiapkan pasar, serta pembinaan sinergi kepada pelaku P2L. 

Sementara untuk mendukung program P2L dari Pemerintah pusat, Pemkab Ngawi canangkan program Gema Parut (Gerakan Menanam Pekarangan Rumah Tangga), yang tujuannya sama dengan P2L, namun beberapa perbedaan keduanya yaitu P2L merupakan program pusat, sedangkan Gema parut merupakan program daerah. 

“Tujuan keduanya hampir sama, namun demikian Gema parut lebih ditekankan untuk TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah),” jelas dia. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News  

Pewarta : DAM
Editor : Asy
Foto : Dok ADN
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda