iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Senin, 18 Maret 2024

Home > > Optimalkan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, 17 Kades Baru Di Kabupaten Ngawi Jalani Pembekalan

Optimalkan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, 17 Kades Baru Di Kabupaten Ngawi Jalani Pembekalan

Optimalkan  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, 17 Kades Baru Di Kabupaten Ngawi Jalani Pembekalan

SN-Media™ Ngawi-Setelah dilantik pada Desember lalu, 17 Kades terpilih hasil pemilihan serentah pada 5 Oktober 2023, menjalani bimtek peningkatan kapasitas kepala desa yang selenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi.

Arif Syaifudin, Kabid Pemerintahan Desa di DPM setempat mengatakan, dengan adanya bimtek peningkatan kapasitas kepala desa, khususnya bagi 17 kades baru, maka dalam menjalankan roda pemerintahan desa bisa lebih optimal. 

“Peran kepala desa beserta aparaturnya mempunyai tugas penting, terutama dalam menberikan pelayanan kepada masyarakat, pelaksanaan pembangunan, pembinaan serta pemberdayaan dalam memajukan desa,” terang Arif, Senin (18/03/2024). 

Harap dia, untuk kades yang baru dilantik, maka kapasitas aparatur desa harus ditingkatkan melalui kegiatan formal berupa bimtek, pelatihan dan sosialisasi, juga kegiatan non formal, baik berupa diskusi, literasi serta komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. 

Sementara, dalam bimtek peningkatan kapasitas kepala desa yang diselenggaran pada bulan Februari 2024 lalu, diikuti oleh 17 Kades terpilih pada gelaran pilkades serentak pada oktober 2023 lalu yang didampingi oleh Sekdes masing-masing desa. 

Narasumber sendiri, melibatkan pejabat eselon IV/III diantaranya dari Bapeda, Inspektorat dan Bagian Hukum, dengan materi yang disampaikan adalah tentang pengelolaan keuangan, perencanaan, pengisian perangkat desa serta materi lain yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan di desa. 

“Diharapkan Kades baru mempunyai bekal pemahaman tentang penyelenggaraan pemerintahan desa,  yang notabene kades merupakan ujung tombak pemerintahan di desa,” pungkasnya. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News  

Pewarta : DAM
Editor : Asy
Foto : Dok DIN
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda