media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Jumat, 19 April 2024

Home > > Perkuat Ketahanan Pangan Nasional, Pangdam Brawijaya Pimpin Panen Raya Padi Di Ngawi

Perkuat Ketahanan Pangan Nasional, Pangdam Brawijaya Pimpin Panen Raya Padi Di Ngawi

Perkuat Ketahanan Pangan Nasional, Pangdam Brawijaya Pimpin Panen Raya Padi Di Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Optimalisasi Hasil Pertanian serta memperkuat ketahanan pangan di Jawa Timur, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay memimpin panen raya padi di areal persawahan masuk Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, dengan luasan lahan mencapai 150 hektar, Jumat (19/4/2024).

Pangdam mengatakan, pendampingan terhadap petani yang telah dilakukan merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang telah dilakukan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak dengan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. 

“Beberapa waktu yang lalu ketika Rapim, Mentan sudah melaksanakan MoU dengan Kasad, sebelumnya juga dengan Panglima TNI dalam rangka mengoptimalisasi ketahanan tangan yang saat ini sudah berjalan. Untuk itu kami akan membackup penuh pemerintahan daerah dan petani,” kata Pangdam kepada awak media di lokasi panen raya. 

Dengan kondisi Jawa Timur yang memiliki sawah cukup luas, sebutnya, saat ini Kodam V/Brawijaya juga tengah berupaya keras untuk mengoptimalkan hasil pangan dengan memfokuskan pada sawah tadah hujan, agar yang awalnya baru satu kali panen dapat menjadi 2 atau 3 kali panen. Sedangkan untuk sawah irigasi akan diupayakan dapat menjadi 4 kali panen dalam setahun. 

Pangdam pun berharap, melalui optimalisasi yang dilakukan, Jawa Timur akan mampu menutupi kekurangan kebutuhan beras di berbagai daerah lainnya. “Memang Jawa Timur sudah surplus, tetapi kita baru surplus untuk wilayah Jawa Timur dan sekitar. Kita berharap, Jawa Timur bisa menyandang dan menutupi, membackup seluruh kebutuhan beras di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono mengatakan, pendampingan yang dilakukan juga untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para petani. "Melalui pendampingan yang kita lakukan terhadap para petani diharapkan hasilnya juga akan semakin baik, sehingga kesejahteraan petani juga akan semakin meningkat," kata Danrem ditemui secara terpisah. 

Guna lebih mengoptimalkan hasil pertanian dari para petani, kata Danrem, satuannya juga tengah berupaya mencukupi kebutuhan air untuk pertanian dengan membangun sumur bor dan pipanisasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengairi lahan persawahan. 

Dapat diulas, Serda Alfriadi, Babinsa yang kesehariannya bertugas di Koramil 0805/11 Widodaren, dengan menggunakan motor dinasnya, ia menuju desa binaanya di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi untuk mendampingi petani padi di sana. 

Desa yang berjarak 25 kilometer dari pusat kota itu dikenal dengan hamparan padinya yang luas dan termasuk salah satu daerah penghasil padi terbesar di Ngawi. Pendampingan yang dilakukan Serda Alfriadi terhadap para petani pun menyeluruh supaya hasil pertanian dapat lebih optimal. 

“Kami setiap hari di lapangan mendampingi petani, mulai dari penyiapan lahan pertanian, penyiapan bibit, dan juga penyaluran pupuk agar bisa merata,” kata Serda Alfriadi beberapa waktu lalu. 

Sementara mengenai sinergitas Babinsa dengan petugas Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL) Kecamatan Widodaren mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa yang melakukan pendampingan terhadap para petani. 

“Sejauh ini memang peran Babinsa di lapangan sangat-sangat membantu kami. Pertanian itu cakupannya luas, dengan adanya Babinsa kami merasa terbantu dan nyaman,” kata Ardian, petugas PPL setempat. 

Terlebih dengan keterbatasan petugas PPL yang ada, ditegaskannya, sinergitas yang dilakukan dengan Babinsa di lapangan sangat membantu sekali. “Petugas PPL saat ini sungguh sangat kurang sekali, bahkan seorang petugas PPL bisa mempunyai tanggung jawab hingga 3 atau 4 desa,” terangnya. 

Ardian berharap, sinergitas antara babinsa dan PPL ke depannya dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan menjaga kedaulatan pangan bangsa Indonesia. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News 

Pewarta : ARW
Editor : Asy-ARW
Foto : Dok Arw
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda