media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 02 Mei 2024

Home > > Usai Upacara Hardiknas, Bupati Ony: Merdeka Belajar Itu Dimotori Oleh Guru Penggerak

Usai Upacara Hardiknas, Bupati Ony: Merdeka Belajar Itu Dimotori Oleh Guru Penggerak

Usai Upacara Hardiknas, Bupati Ony: Merdeka Belajar Itu Dimotori Oleh Guru Penggerak

SN-Media™ Ngawi-Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, dan pada tahun 2024 mengambil tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar, bertempat di Alun-alun, Kamis (02/05/2024).

Usai jalannya upacara, Bupati ony dihadapan awak mendia menjelaskan, memang bukan hal yang mudah untuk menstranformasi sebuah sistem yang sangat besar, maka implementasi kurikulum merdeka harus seiring dengan peningkatan kapasitas dan kapabilitas para guru penggerak. 

“Di Kabupaten Ngawi total keseluruhan ada sebanyak 180 guru penggerak, karena merdeka belajar itu dimotori oleh guru penggerak, maka harapannya semua kepala sekolah itu adalah guru penggerak,” jelas dia. 

Disinggung mengenai efektifitas 5 hari sekolah, dijelaskan pula bahwa fasilitasinya yaitu dengan menjalankan secara optimal kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler bagi para siswa, baik itu pendidikan karakter berupa ketrampilan, seni-budaya, olahraga maupun yang lainnya. 

“Dengan mereka (anak didik) merdeka belajar, harapannya yang selain bisa meningkatkan minat dan bakatnya, itu juga bisa mereduksi anak-anak kita akan ketergantungan kepada gadget,” tandasnya. 

Di lokasi yang sama, Sumarsono Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ngawi, juga menyinggung terkait kurikulum merdeka, yang mana dengan berpegang pada regulasi dan di tahun 2024 berlaku untung semua jenjang kelas. 

“Untuk tahun kemarin mulai 2022 hingga 2023, kurikulum merdeka sifatnya masih uji coba, maka pada 2024 ini berlaku untuk semua jenjang kelas, baik untuk SD maupun SMP” urainya. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News 

Pewarta : Pan
Editor : Asy
Foto : Dok ARS
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda