iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Sabtu, 22 Juni 2024

Home > > Manfaatkan Limbah Galon Air Minum, Prajurit TNI AD Ubah Lahan Tidur Jadi Produktif

Manfaatkan Limbah Galon Air Minum, Prajurit TNI AD Ubah Lahan Tidur Jadi Produktif

Manfaatkan Limbah Galon Air Minum, Prajurit TNI AD Sulap Lahan Tidur Jadi Produktif

SN-Media™ Madiun-Adalah Serda Adhi Kurniawan yang kesehariannya berdinas di Korem 081/DSJ berhasil memanfaatkan limbah plastik galon air minum menjadi media untuk budi daya berbagai jenis sayuran, mulai dari cabai, terong, sawi, kangkung, bawang merah.

Di lahan seluas 0,5 hektar yang terdapat di lingkungan tempat tinggalnya di Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, ia bersama warga lainnya juga melakukan budidaya ikan nila. Adhi menyebut, lahan yang dimanfaatkannya budidaya pertanian dan perikanan itu awalnya merupakan lahan tidur milik tetangganya. 

“Dulunya lahan ini dibiarkan terbengkalai yang banyak semak belukar. Kemudian saya bersama warga di sini berembuk untuk memanfaatkannya. Alhamdulillah setelah kami sampaikan ke pemiliknya, beliau memberikan izin,” kata Adhi ditemui di lokasi, Sabtu (22/6/2024). 

Adhi pun menyebut, upaya yang dilakukannya itu juga berawal dari perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk memperkuat ketahanan pangan dan berguna bagi masyarakat di sekelilingnya. 

Ditanya tentang modal, ia mengungkapkan berasal dari swadaya masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. "Untuk modal dan biaya operasional kami warga di sini iuran sukarela. Karena kami juga butuh untuk beli bibit-bibit tanaman, ikan, membuat kolam ikan, hingga galon-galon yang sebagian kami beli dari tempat-tempat kos dan toko-toko di sekitar sini," jelasnya. 

Benny, salah satu warga di sana, menyambut baik dan merasa terbantu dengan adanya lahan ketahanan pangan tersebut. "Tentu kami sangat terbantu, karena ini sangat bermanfaat bagi warga di sini. Khususnya ibu-ibu kalau butuh sayuran atau cabai bisa langsung memetiknya sendiri," bebernya. 

Ia juga berharap, lahan ketahanan pangan itu ke depannya juga dimanfaatkan sebagai tempat edukasi bagi masyarakat dan anak-anak sekolah tentang pemanfaatan lahan tidur untuk budidaya pertanian dan perikanan. “Syukur-syukur bisa jadi semacam tempat agro wisata," pungkasnya.  

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News dan Chanel Whatsapp 

Arwang
Editor : Asy
Foto : Arwang
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda