PEMBERITAHUAN KEPADA KHALAYAK UMUM: Berhubung maraknya SMS ataupun Telepon yang mengatasnamakan Blog Media Sinar Ngawi, yang isinya meminta-minta sesuatu, diharapkan untuk lebih waspada dan hati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut
Custom Search

Rabu, 11 Mei 2016

Home > > Danramil 0805/11 Widodaren Tinjau Tata Kelola Air Irigasi

Danramil 0805/11 Widodaren Tinjau Tata Kelola Air Irigasi

Babinsa Widodaren Ngawi, Pelopor Pengelolaan Irigasi

SINAR NGAWI™ Widodaren-Babinsa Desa Kauman Koramil 0805/11 Widodaren beserta Kepala desa setempat, Ketua HIPPA, UPT Pengairan Kec. Widodaren dan Petani, melakukan survei saluran sekunder dalam pengelolaan irigasi. Danramil 0805/11 Widodaren jajaran Kodim 0805/Ngawi, Kapten Chb Sutana, menegaskan perlunya irigasi yang baik guna menunjang keberhasilan petani dalam bercocok tanam.

“Irigasi yang ada selama ini pada umumnya belum permanen pembangunannya, sehingga berkaitan dengan upaya peningkatan produksi beberapa komoditas pertanian masih memerlukan perhatian dari Pemerintah Daerah ,” terang dia.

Masih menurutnya, Bagi daerah-daerah tertentu yang sudah ada bendungan irigasi dan saluran primer yang permanen tidak begitu menjadi kendala.

Akan tetapi bagi daerah atau wilayah Kecamatan Widodaren ini, yang saluran irigasinya sekunder dan tersier jika tidak tertata dengan baik akan menjadi kendala yang serius terutama saat musim kemarau tiba, sehingga para petani tidak bisa menggarap sawah maupun ladangnya yang kering.

Ulasnya lagi, berkaitan dengan pembangunan dan pemeliharaan irigasi saluran sekunder dan tersier tentunya peran serta dan partisipasi Pemda dan masyarakat khususnya petani setempat sangat dibutuhkan.

“Jika tidak dipelihara dengan baik maka saluran sekunder dan tersier mengakibatkan aliran air tidak akan lancar dan sebagian akan terbuang sia-sia akibat perembesan air di saluran yang rusak, sehingga berdampak pada pencapaian produksi,” pungkas Kapten Chb Sutana. (Penrem)
Editor: Kuncoro

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda