iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Senin, 04 September 2023

Home > > Menuju Paradigma Baru,. APIP Dituntut mampu Menjadi Quality Assurance

Menuju Paradigma Baru,. APIP Dituntut mampu Menjadi Quality Assurance

Inspektorat Kabupaten Ngawi-Inspektorat mengawal, APIP dalam menuju paradigma baru harus mampu memberikan solusi guna cipta kondusif

SN-Media™ Ngawi-Sebagai Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Inspektorat kabupaten Ngawi melaksanakan evaluasi program kerja sekaligus mengevaluasi agenda kerja di semester I tahun 2023 serta rencana program kerja yang akan dilaksanakan di semester II mendatang.

Yulianto Kusprasetyo Kepala Inspektur Kabupaten Ngawi menyampaikan, bahwa evaluasi internal yang dihadiri seluruh jajaran APIP, menekankan pada perubahan paradigma APIP yang lebih inovatif, memiliki mindset sebagai Consulting dan Quality Assurance (QA) berbasis. 

Inspektur Yuli juga mengharapkan agar seluruh APIP dan staf jajarannya untuk terus meningkatkan kompetensi sebagai APIP tidak lagi bertindak sebagai watchdog yang identik dengan pencari kesalahan dalam pelaksanaan birokrasi, namun harus mampu memberikan solusi untuk cipta kondusif di kabupaten Ngawi. 

Dapat diinformasikan, APIP dalam hal ini Inspektorat kabupaten Ngawi memiliki peran dalam menjawab visi misi mempercepat reformasi birokrasi yang semakin dinamis. Beberapa target agenda kinerja, diantaranya tata kelola keuangan daerah yang meraih 10 kali berturut-turut predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). 

Sementara agenda kerja lainnya, yakni evaluasi SAKIP dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja. Tak kalah penting tentang penerapan tata kelola keuangan sekolah melalui monev BOS serta melakukan penilaian maturitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah).

Selain itu, secara internal juga meningkatkan kapabilitas APIP, mengawal reformasi birokrasi melalui melalui Zona Integritas, reviu Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan evaluasi benturan kepentingan sekaligus penguatan pencegahan serta pengendalian gratifikasi dengan strategi nasional (stranas) dengan Monitoring Center For Prevention (MCP) Koordinasi dan Supervisi, Pencegahan Korupsi Terintegrasi (Korsupgah).  

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok ***
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda