iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Selasa, 26 September 2023

Home > > Sambangi Desa Jambu Kediri, Danrem 081/DSJ Kagumi Konsep Budidaya Alpukat Kelud

Sambangi Desa Jambu Kediri, Danrem 081/DSJ Kagumi Konsep Budidaya Alpukat Kelud

Program kaya mendadak Desa Jambu Kediri dengan konsep desa wisata dengan budi daya buah Alpukat Kelud

SN-Media™ Kediri-Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Sugiyono menyambangi Desa Wisata Jambu di Kediri, yang mengusung konsep wisata edukasi dan rekreasi, Tak sesuai namanya, di lokasi wisata ini tidak tersedia buah jambu, melainkan buah-buahan seperti alpukat, kelengkeng dan durian, Selasa (26/9/2023).

Setibanya, Danrem bertemu dengan Kades Jambu Agus Joko yang mengajaknya berkeliling untuk melihat budidaya alpukat Kelud di kebun miliknya. Kepada Danrem, Agus mengenalkan program Mendadak Kaya di Desa Jambu yang dipimpinnya. 

“Kami punya program mendadak kaya, bukan berarti kami sombong, tapi ini hanya untuk memotivasi warga masyarakat agar mereka bersemangat,” katanya. “Jadi di sini, setiap rumah diwajibkan setidaknya ada 2 tanaman buah, seperti alpukat dan kelengkeng. Sampai saat ini sudah ada ribuan pohon kelengkeng dan alpukat di desa kami,” lanjutnya. 

Sesuai dengan konsep desa wisata, Agus juga mengungkapkan, selama ini warganya tidak ada yang menjual hasil buah-buahannya kepada tengkulak. “Kami tidak pernah menjual ke tengkulak. Masyarakat dari luar yang datang ke sini dan memetik buah sendiri. Alhamdulillah dengan konsep seperti ini sangat membantu perekonomian masyarakat di desa kami,” terangnya. 

Sementara itu, kepada Kades Agus, Danrem menceritakan awal mula dirinya tertarik untuk belajar budidaya alpukat Kelud. “Saya dapat postingan video tentang alpukat Kelud. Maka saya cari tahu dan alhamdulillah ketemu,” sebutnya. 

Sambil menikmati buah alpukat Kelud dan memuji rasanya, Pamen TNI AD itu mengaku siap untuk melakukan budidaya alpukat Kelud di wilayahnya. “Karena ini bulan September, sudah mau masuk Oktober, kami menyiapkan lahannya dulu. Saya pesan dulu bibitnya, nanti kalau curah hujan sudah cukup, baru akan kami ambil,” ujarnya. 

“Mudah-mudahan ini nanti berhasil dan akan kami kembangkan di seluruh wilayah jajaran kami. Harapannya masyarakat punya alternatif lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” tambahnya yang langsung disambut siap oleh Kades Agus. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News  

Pewarta ARW
Editor : as
Foto : Dok ARW
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda