iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Sabtu, 02 September 2023

Home > > Simbolis Di GRNF 2023, Bupati Ony Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Petani Ngawi

Simbolis Di GRNF 2023, Bupati Ony Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Petani Ngawi

Sinar Ngawi Media- GRNF  2023G-Gemah Ripah Ngawi Festival-Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, simbolis menyerahkan Bantuan Alsintan Kepada Petani

SN-Media™ Ngawi-Bersamaan dalam gelaran Gemah Ripah Ngawi Festival (GRNF) 2023, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, secara simbolis menyerahkan Alat dan Mesin Pertanian (alsintan) sebagai komitmen Pemerintah Daerah dalam merealisasikan program kemandirian pertanian ramah lingkungan berkelanjutan, bertempat di Alun-alun Merdeka, Kamis (31/08/2023).

Ony menjabarkan, bahwa perlu diapresiasi komitmen petani Ngawi yang melaksanakan program kemandirian pertanian ramah lingkungan berkelanjutan, sehingga harus didukung dengan upgrade sarana prasarana berupa alsintan yang diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian. 

Terpisah, Supardi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Ngawi menyampaikan, alsintan yang diberikan, salah satunya cultivator dimaksudkan untuk memudahkan pengolahan tanah, khususnya untuk perkebunan hortikultura. 

“Dengan cultivator, bisa digunakan untuk mendangir hektaran lahan pertanian perhari, dibandingkan jika mendangir secara manual. Sedangkan untuk kendaraan roda tiga digunakan untuk memudahkan petani pada saat pasca panen,” terang dia. 

Untuk total bantuan alsintan sebanyak 73 unit, diantaranya beruba cultivator 51 unit, 2 traktor, power thresher multiguna (PTM) 4 unit serta 6 unit manual konselor. Untuk anggaran yang digunakan, diantaranya melalui DAK fisik Tahun 2023 serta dari DBHCHT tahun yang sama. 

Sementara, konsep Gemah Ripah Ngawi Festival (GRNF) 2023, yang diampu oleh Disparpora (Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) setempat, dilakukan secara kolaborasi bersama OPD terkait, diantaranya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPPserta DPP (Dinas Peternakan dan Perikanan).  

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok dam
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda