iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Jumat, 20 Oktober 2023

Home > > Penguatan Peran Dan Kapasitas APIP Melalui Pelatihan P3PD

Penguatan Peran Dan Kapasitas APIP Melalui Pelatihan P3PD

Pelatihan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa

SN-Media™ Ngawi-Dalam rangka menjalankan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD), Kementerian Dalam Negeri mengadakan Pelatihan Pengawasan Keuangan Desa Tahun 2023 bagi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) se-Jawa Timur yang diselenggarakan pada awal Oktober 2023 di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Inspektorat Kabupaten Ngawi mengirimkan 7 personel APIP auditor guna mengikuti pelatihan aplikasi Siswaskeudes (Sistem Pengawasan Keuangan Desa), mengingat hampir seluruh desa telah menggunakan aplikasi Siskeudes dalam mengelola keuangan desa. 

Kepala Inspektur Kabupaten Ngawi Yulianto Kusprasetyo menyampaikan, inspektorat daerah mempunyai tugas membantu kepala daerah membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah. 

Hal ini mendasar, masih menurut Yuli, sebagai penguatan peran dan kapasitas inspektorat Daerah agar lebih independen dan objektif dalam rangka mewujudkan Pemerintahan Daerah yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme melalui P3PD. 

Sementara, Manfaat aplikasi Siswaskeudes diantaranya memudahkan auditor memproses data dalam jumlah besar dengan lebih cepat, mengurangi kesalahan human error dalam melakukan pengujian sehingga meningkatkan kualitas bukti audit. 

Selain itu juga sebagai penentu desa prioritas untuk dilakukan audit (berdasarkan analisis risiko), Merumuskan peta permasalahan sebagai dasar tindakan selanjutnya, menghemat waktu audit serta pendokumentasian proses dan hasil pengawasan lebih tertib dan rapi. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News 

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok Dam
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda