iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 16 November 2023

Home > > Berkinerja Baik, Pemdes Kedungprahu Ngawi Mantapkan Ketahanan Pangan Melalui Alokasi Tambahan DD 2023

Berkinerja Baik, Pemdes Kedungprahu Ngawi Mantapkan Ketahanan Pangan Melalui Alokasi Tambahan DD 2023

Bekinerja Baik, Pemdes Kedungprahu Ngawi Mantapkan Ketahanan Pangan

SN-Media™ Ngawi-Berkat kinerja dinilai baik, Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas Ngawi mendapatkan alokasi tambahan Dana Desa (DD) Tahun 2023, sebesar Rp 139.642.000, yang kemudian ditindaklanjuti dengan menggelar musdessus dalam rangka membahas dan menyepakati perubahan prioritas penggunaan Dana Desa sekaligus Musdessus perubahan rencana kerja pemerintahan desa 2023.

Kepala Desa Kedungprahu Sunarto mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan mengapresiasi program pemerintah yang memberikan tambahan Dana Desa, dan telah disepakati bahwa prioritas penggunaan tambahan DD tahun 2023 yaitu untuk menciptakan ketahanan pangan berupa pembangunan sumur dalam. 

Pembangunan sumur dalam di areal persawahan masuk Dusun Pilangbangu, masih menurut Kades Sunarto, diharapkan mampu mencukupi kebutuhan air pertanian, utamanya saat masuk musim kemarau. 

“Anggaran yang digunakan untuk pengadaan sumur dalam sebesar Rp 33 juta, serta untuk kebutuhan sarana prasarana PAUD sebesar Rp 5 juta,” kata dia. 

Seperti yang pernah disampaikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ngawi memastikan 44 desa dari total 113 desa yang ada di Kabupaten Ngawi mendapatkan alokasi tambahan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 dengan total Rp, 6,074 miliar lebih. 

Alokasi tambahan DD TA 2023 tersebut, mendasar ketentuan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2022 tentang APBN TA 2023, yang lebih lanjut telah ditetapkan dengan PMK 98 Tahun 2023. 

Untuk pemberian alokasi tambahan Dana Desa di tahun anggaran berjalan (2023), ada 2 macam, yakni atas dasar kinerja Pemerintah Desa sebesar Rp 139.642.000, serta penghargaan dari kementerian/lembaga dengan nilai Rp 35 juta. 

Sementara dari 44 desa yang menerima tambahan DD 2023, ada satu desa yang menerima dobel, baik dari kinerja maupun penghargaan, serta juga hanya satu desa yang menerima alokasi dari kementerian/lembaga. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News  

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok Dam
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda