iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 09 November 2023

Home > > Dorong Kreativitas IKM Dalam Kembangkan Motif Batik Lokal Khas Kabupaten Ngawi

Dorong Kreativitas IKM Dalam Kembangkan Motif Batik Lokal Khas Kabupaten Ngawi

Dorong Kreativitas IKM Dalam Kembangkan Motif Batik Lokal Khas Kabupaten Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Pemerintah Kabupaten Ngawi, melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPPTK) setempat, berkomitmen membangkitkan kembali semangagat pengrajin maupun seniman batik melalui Bimbingan Teknis Penciptaan Desain Motif Batik Ngawi, bertempat di Gazebo belakang Pendopo Wedya Graha.

Dibuka langsung oleh ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Ngawi Ana Mursyida Ony Anwar, dapat diperoleh keterangan bahwa workshop Penciptaan Desain Motif Batik Ngawi merupakan gagasan dalam rangka menciptakan inovasi serta ide kratif yang bernilai tinggi, baik secara seni maupun ekonomi. 

Masih menurutnya, para pengrajin serta seniman batik bisa berkreasi menciptakan motif-motif baru yang mengambil sumber ide dari potensi Ngawi baik dari sisi history, sosaial budaya, geografis maupun potensi yang ada yang benar-benar bercirikhaskan Ngawi yang bisa menjadi identitas sekaligus sumbangan Ngawi dalam memperkaya khasanah motif batik Nusantara. 

Lebih lanjut, istri Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono merinci bahwa keterampilan merancang desain motif batik dengan ciri khas Ngawi, sebagai keterampilan tingkat dasar untuk selanjutnya diharapkan mampu dikembangkan dalam upaya menciptakan motif-motif baru dalam memperkaya motif batik khas Ngawi sebagai turunan dari motif Wahyu Ngawiyat. 

“Yang paling terpenting adalah, kedepannya akan mampu tercipta turunan batik khas Ngawi, yang menggabarkan budaya kearifan.Kabupaten Ngawi agar bisa dikenal secara nasional” kata dia. 

Terpisah, Kepala DPPTK setempat Kusumawati Nilam mangatakan, bimtek yang digelar selama 3 hari (6-8/11/2023) guna meningkatkan kemampuan dari setiap individu IKM batik di Ngawi bisa bersaing secara kompetitif, baik secara nasional maupun global. 

Selain upaya meningkatkan desain batik yang lebih beragam, bimtek Penciptaan Desain Motif Batik Ngawi, diikuti sebanyak 12 IKM, yang mana tiap IKM mengirimkan peserta baik dari desainer maupun owner dengan total 24 orang, juga mendapatkan stimulus penguatan berupa bantuan modal yang menggandeng BAZNAS Ngawi serta BPRS Ngawi. 

Sementara jalannya pembukaan Bimtek juga dihadiri Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Ngawi Inneke Dwi Astuti Dwi Rianti Jatmiko, berikut Ketua Harian Dekranada, yakni Kepala DPPTK Kusumawati Nilam, menghadirkan narasumber Abdul Syukur, beserta tim dari Taman Batik Lumbini Yogyakarta. 

“Hasil akhirnya, diharpkan bagi para peserta mampu mengekplor potensi yang ada di sekitarnya untuk dijadikan sumber ide dalam menciptakan motif bercirikhaskan Ngawi,” jelas Nilam. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News  

Pewarta: Tim
Editor : Asy
Foto : Dok Dam
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda