iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Selasa, 28 November 2023

Home > > Transformasi Sistem Kerja, Personal SDM ASN Dituntut Untuk Lebih Kolaboratif Dan Dinamis

Transformasi Sistem Kerja, Personal SDM ASN Dituntut Untuk Lebih Kolaboratif Dan Dinamis

Transformasi Sistem Kerja, Personal SDM ASN Dituntut Untuk Lebih Kolaboratif Dan Dinamis

SN-Media™ Ngawi-kompleksitas tugas dan fungsi yang dimiliki sekretariat daerah, tentunya membutuhkan aparatur yang terampil, cekatan, kompeten dan kapabel, sehingga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi.

Terlebih dalam rangka meningkatan layanan kepada masyarakat, Pemkab Ngawi gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Aparatur Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi, berlangsung di Semarang (23 – 25/11/2023). 

Achmad Roy Rozano, Kepala Bagian Admisnistrasi Umum, Setda kabupaten Ngawi, dalam keterangannya kepada awak media mengatakan Sekretariat Daerah sebagai salah satu unsur perangkat daerah mempunyai tugas membantu dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah.

“Sehingga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi,” tandas dia. 

Dengan tujuan, Roy pun menambahkan, dari pelaksanaan Bimtek penguatan aparatur adalah untuk peningkatan kapasitas aparatur, yang mana diharapkan tidak hanya meningkatkan keahlian personal SDM ASN, melainkan secara umum juga dapat mendongkrak performa institusi, khususnya pada sekretariat daerah kabupaten Ngawi. 

Ditempat yang sama, Faris Isnawan, professional trainer BSNP menyampaikan bahwa munculnya Peraturan Menteri PANRB nomor 7 tahun 2022 tentang sistem kerja pada instansi Pemerintah untuk penyederhanaan birokrasi, telah terjadi transformasi sistem kerja yang menekankan pada Kerja tim yang berorientasi kepada hasil kerja melalui sistem kerja yang kolaboratif dan dinamis. 

“Dengan adanya penyesuaian sistem kerja baru tersebut, nantinya diharapkan pelaksanaan tugas dilakukan dalam suatu sistem kerja dengan mengedepankan kompetensi, keahlian dan ketrampilan setiap anggota tim,” terang Faris. 

Pengoptimalan dalam pemanfaatan SDM pada sebuah tim akan menjadi hal penting guna menyelesaikan tugas secara lebih efektif dan efisien. Tentunya bekerja dalam suatu tim membutuhkan kemampuan individu dan kerja sama yang baik antar anggota didalamnya. 

Melihat dinamika tersebut dan proyeksi kedepannya, maka aparatur Pemerintah harus mampu memainkan peran dan menjalankan tugas sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, khususnya dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif, dalam mendukung tercapainya visi dan misi Pemerintah kabupaten Ngawi. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News  

Pewarta: Tim-DaM
Editor : Asy
Foto : Dok ***
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda