iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Selasa, 26 Maret 2024

Home > > Program Prioritas, TPK Desa Banyubiru Ngawi Lakukan Pembangunan Pavingisasi Jalan

Program Prioritas, TPK Desa Banyubiru Ngawi Lakukan Pembangunan Pavingisasi Jalan

Program Prioritas, TPK Desa Banyubiru Ngawi Lakukan Pembangunan Pavingisasi Jalan

SN-Media™ Ngawi-Dalam pembahasan sekaligus menyepakati dan penetapan skala prioritas penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2024, Pemdes Banyubiru , Kecamatan Widodaren Ngawi melakukan pavingisasi ruas jalan Dusun Banyubiru RT 03/03.

Kundari kades setempat dalam keterangannya mengatakan, selain pemenuhan infrastruktur dasar kebutuhan masyarakat, pihak pemdes juga mengedepankan kegiatan skala prioritas lainnya, diantaranya penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk bansos yang bersumber dari DD. 

“Kita juga berkomitmen utuk percepatan penanganan kemiskinan, giszi buruk maupun stanting sesuai kewenangan desa,” kata Kades Kundari, Selasa (26/03/2024). 

Masuk status desa mandiri mendasar Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2023, pihak TPK Desa Banyubiru melalui DD 2024 melakukan pembangunan pavingisasi jalan dengan besaran anggaran Rp 71.999.000 dengan volume 102m x 3m. 

“Pembangunan akses jalan dengan pavingisasi dalam rangka meningkatkan dan memperlancar mobilitas warga dari berbagai aspek sosial maupun ekonomi,” sambung dia kemudian. 

Sebagai tambahan informasi, mekanisme penggunaan Dana Desa 2024 meliputi 2 komponen yakni Dana Desa yang ditentukan penggunaannya serta Dana Desa yang tidak ditentukan penggunaannya serta DD yang tidak ditentukan penggunaannya. Untuk DD yang tidak ditentukan penggunaannya, dapat untuk membiayai kegiatan prioritas desa sesuai dengan RKPDes maupun APBDes. 

Sedangkan komponen Dana Desa yang ditentukan penggunaannya, lebih kepada kegiaatan yang berkaitan dengan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa), ketahanan pangan dan hewani, kemudian dalam rangka penurunan stunting sesuai kewenangan desa. 

Untuk DD yang tidak ditentukan penggunaannya, dapat untuk membiayai kegiatan prioritas desa sesuai dengan RKPDes maupun APBDes. 

Sementara, Desa Banyubiru terbagi dalam 4 dusun, dan selain produksi pertanian yang masih mendominasi perekonomian warga, untuk keragaman usaha mikro maupun wisata juga berkembang pesat, sepertai kampung kerbau dan produksi batik. 

Dalam sarana dan prasarana kesehatan, di desa yang lahan pemukiman sekitar 140 hektar ini, terdapat satu Balai Kesehatan Ibu Dan Anak, 8 Posyandu serta satu Puskesmas pembantu. Sedang untuk pendidikan, ada diantaranya 7 lembaga play group dan juga terdapat 6 Taman Kanak-Kanak (TK).

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News  

Pewarta : Asri-Panji
Editor : Asy
Foto : Dok Asri
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda