media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Minggu, 28 April 2024

Home > > Ciptakan Desa Sehat Jiwa, Poskeswa Cahaya Pelangi Desa Beran Rutin Beri Pelayanan Sebulan Sekali

Ciptakan Desa Sehat Jiwa, Poskeswa Cahaya Pelangi Desa Beran Rutin Beri Pelayanan Sebulan Sekali

Ciptakan Desa Sehat Jiwa, Poskeswa Cahaya Pelangi Desa Beran Rutin Beri Pelayanan Sebulan Sekali

SN-Media™ Ngawi-Pemerintah Desa Beran Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi Jawa Timur, berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan, yang salah satunya adalah melalui Posyandu Kesehatan Jiwa (Poskeswa) Cahaya Pelangi, yang digelar setiap sebulan sekali bertempat di aula desa setempat.

Agus Supriyadi, S.Sos, Kepala desa setempat menegaskan, bahwa upaya memberikan pelayanan kesehatan termasuk kesehatan jiwa melalui Poskeswa Cahaya Pelangi adalah upaya preventif sekaligus mitigasi gangguan kejiwaan di masyarakat. 

“Langkah dalam penanganan pasien dengan gangguan jiwa adalah melalui penguatan penanganan secara promotif dan preventif, sehingga pihak pemdes (Beran) melalui Poskeswa Cahaya Pelangi, melakukan kegiatan pemeriksaan bagi pasien ODGJ setiap sebulan sekali,” terang Kades Agus. 

Dia menambahkan, program Poskeswa Cahaya Pelangi, selain pemantauan gejala psikologis pasien, juga dilakukan upaya penanganan kesehatan jiwa secara terprogram dan didukung oleh seluruh elemen yang ada. 

“Poskeswa Cahaya Pelangi adalah wadah untuk mencegah serta mengatasi masalah kesehatan jiwa warga. Maka dengan program ini, diharapkan pasien dengan gangguan jiwa bisa mengurangi atau lepas dari obat-obatan, sehingga kedepannya pasien bisa hidup mandiri dan produktif,” jelasnya lagi.

Sementra dalam kegiatan Poskeswa Cahaya Melati yang digelar setiap sebulan sekali, kini menangani 7 pasiean dari 20 sasaran yang ada, dengan memberikan pelayanan kesehatan seperti pada umumnya, yakni menimbang berat badan, mengukur tensi darah dan yang paling pokok adalah melakukan pendekatan guna memantau kodisi kejiwaan pasien. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News  

Pewarta : TiM
Editor : Asy
Foto : Dok ***
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda