media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Senin, 01 April 2024

Home > > Dorong Produktivitas Pertanian, Pemdes Katikan Ngawi Membangun Talud Jalan Usaha Tani

Dorong Produktivitas Pertanian, Pemdes Katikan Ngawi Membangun Talud Jalan Usaha Tani

Dorong Produktivitas Pertanian, Pemdes Katikan Ngawi Membangun Talud Jalan Usaha Tani

SN-Media™ Ngawi-Desa Katikan Kabupaten Ngawi Jatim, merupakan salah satu dari 12 desa yang ada di wilayah Kecamtana Kedunggalar, dengan menyandang status desa maju mendasar Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2023.

Dalam melakukan pembangunan infrastruktur fisik maupun pemenuhan infrastruktur sosial, utamanya dalam penggunaan skala prioritas Dana Desa (DD) 2024, salah satunya komponen Dana Desa yang ditentukan penggunaannya, yakni yang terkait dengan ketahanan pangan dan hewani, pihak TPK setempat merealisasikan pembangunan talud Jalan Usaha Tani (JUT). 

Saat dikonfirmasi, Wahyu Hidayat kepala desa Katikan lebih lanjut menerangkan, pembangunan talud JUT di Dususn Manggis tersebut merupakan program prioritas desa, mengingat dengan adanya talud, maka badan jalan akan lebih awet dengan besaran biaya mencapai Rp 104.688.000. 

“Dengan adanya talud, maka badan jalan akses produksi pertanian tersebut bisa lebih tahan terhadap longsor yang disebabkan air hujan maupun kondisi lainnya,” terang Kades Wahyu, Senin (01/04/2024). 

Seperti diketahui, mekanisme penggunaan Dana Desa meliputi 2 komponen yakni Dana Desa yang ditentukan penggunaannya serta Dana Desa yang tidak ditentukan penggunaannya. Untuk DD yang tidak ditentukan penggunaannya, dapat untuk membiayai kegiatan prioritas desa sesuai dengan RKPDes maupun APBDes. 

Sedangkan dalam komponen Dana Desa yang ditentukan penggunaannya, lebih kepada kegiaatan yang berkaitan dengan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa), ketahanan pangan dan hewani, kemudian dalam rangka penurunan stunting sesuai kewenangan desa. 

“Harpanya, dengan adanya pembangunan talud jalan usaha tani masuk Dusun Manggis tersebut bisa memperlancar akses petani dalam meningkatkan produksi pertanian, baik pada masa tanam maupun saat panen,” pungkasnya. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News 

Pewarta : Panji
Editor : Asy
Foto : Dok ***
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda