media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Minggu, 14 April 2024

Home > > Momen Lebaran Ketupat, Pasar Jadul Ngawi Jadi Ajang Pererat Tali Silaturahmi

Momen Lebaran Ketupat, Pasar Jadul Ngawi Jadi Ajang Pererat Tali Silaturahmi

Momen Lebaran Ketupat,  Pasar Jadul Ngawi Jadi Ajang Pererat Tali Silaturahmi

SN-Media™ Ngawi-Momen Idul Fitri 2024 yang bertepatan dengan event Pasar Jadul bertempat di area taman wisata Tawun, Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi, dikemas dalam gebyar lebaran 1445 H dengan mengangkat tema lebaran ketupat di Pasar Jadul, Minggu (14/05/2025).

Wiwien Purwaningsih, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) kabupaten Ngawi, dalam keterangannya kepada awak media mengatakan, gelaran pasar jadul pasca lebaran ini, bertepatan dengan lebaran ketupat yang mendasar tradisi muslim di Jawa yang diadakan sepekan setelah hari raya Idul Fitri. 

“Maka secara simbolis, kita pasang hiasan ketupat tiap kios di pasar jadul kali ini,” terang Wiwien. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa gelaran pasar jadul juga merupakan momen yang tepat untuk ajang silaturahmi Pemkab Ngawi, dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati beserta seluruh jajaran Forkopimda kabupaten Ngawi untuk menyapa Masyarakat. 

Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi dalam sambutannya, menyampaikan bahwa selaku pribadi dan mewakili Pemkab Ngawi memohon maaf kepada masyarakat Ngawi atas kesalahan dan kekurangan dalam pelayanan kepada masyarakat. 

Terkait pelaksanaan pasar jadul yang digelar hari ini, disampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada panitia, dalam ini Karang Taruna desa Tawun, yang telah menghadirkan berbagai macam pertunjukan kesenian, untuk memeriahkan pasar jadul, salah satunya jaranan dari Nganjuk. 

“Disampaikan terima kasih juga kepada petugas keamanan, dalam hal ini TNI-Polri, yang telah menciptakan kondisi masyarakat yang kondusif, dari mulai ramadhan hingga lebaran,” Kata Bupati Ony. 

Selanjutnya, untuk diketahui pasar jadul di Ngawi, sesuai dengan konsepnya jadul, menghadirkan jual beli di pasar meliputi kudapan, makanan, hingga alat dan kebutuhan rumah tangga yang jadul atau kuno atau tradisional. 

Demikian juga kostum penjual menggunakan busana kuno seperti lurik yang dimodifikasi dan jenis hiburan tempo dulu seperti pertunjukan kesenian jaranan, tayup dan lain-lain. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News 

Pewarta : DAM
Editor : Asy
Foto : Dok Dam
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda