iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 27 Juni 2024

Home > > Jadi Kado Istimewa Hari Jadi Ke 666, Menteri Anas Resmikan MPP Kabupaten Ngawi

Jadi Kado Istimewa Hari Jadi Ke 666, Menteri Anas Resmikan MPP Kabupaten Ngawi

Kado Isimewa Hari Jadi Ke 666, Menteri Anas Resmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Ngawi

SN-Media™ Ngawi-Setelah soft launching oleh Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono pada 11 Desember 2023 lalu, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Ngawi diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas sekaligus merupakan tonggak sejarah karena bertepatan dalam rangkaian Hari Jadi Ngawi yang Ke 666, Kamis (27/06/2024).

Dalam sambutannya, Menteri Anas mengingatkan bahwa pemerintah senantiasa mengutamakan pelayanan terpadu bagi masyarakat, mengingat dengan adanya MPP adalah penyatuan (integrasi) beberapa fasilitas, maka diharapkan segala bentuk pelayanan akan menjadi lebih singkat, mudah dan murah, sekaligus tercipta transparansi. 

Mengenai keanekaragaman pelayanan publik, masih menurut Menteri Anas, ada beberapa perspektif utama yang menjadi perhatian pemerintah, yakni pelayanan secara langsung (direct services), pelayanan bergerak (mobile services), pelayanan mandiri (self-services), serta pelayanan berbasis aplikasi (electronic services). 

“MPP Ngawi sebagai sebagai penyedia layanan harus segera menyiapkan langkah ke depan melalui layanan berbasis aplikasi atau digital guna menunjang pelayanan direct service yang sudah ada,” ujar Menteri Anas. 

Di tempat yang sama, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menyampaikan, dalam tahapan awal, MPP Kabupaten Ngawi menyediakan 60 jenis layanan dari 20 instansi dan kedepannya akan dilakukan penambahan layanan dengan kolaborasi dari berbagai instansi. 

“Saat ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan 152 layanan dari 39 instansi yang ada di Kabupaten Ngawi, dan yang paling penting adalah BPJS Kesehatan, segala bentuk pelayanannya sudah ada di MPP Ngawi," kata Bupati Ony. 

Sementara dalam meningkatkan layanan dan kinerja Pemkab Ngawi, Ony menggarisbawahi terkait transformasi digital, yang mana dari 180 aplikasi akan diringkas menjadi 60 aplikasi dengan tujuan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan digital. 

“Kedepan, seluruh layanan berbasis digital akan diinteroperabilitaskan dan tidak ada lagi satu inovasi satu aplikasi, sehingga jauh lebih ringkas dan semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan," bebernya. 

Dapat diinformasikan, dengan diresmikannya MPP Kabupaten Ngawi, maka secara nasional terdapat 207 MPP dan 23 MPP Digital yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan di Provinsi Jawa Timur telah dibangun sebanyak 30 MPP, yang salah satunya adalah MPP Kabupaten Ngawi. 

MPP Kabupaten Ngawi yang telah beroperasi saat ini, untuk pos pelayanan menempati lantai II, dan pada lantai I ditempati belasan gerai UMKM dan kedepannya untuk lantai III , akan dimanfaatkan sebagai cafe rooftop yang menyuguhkan sky view Tugu Gading perempatan Kartonyono. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News dan Chanel Whatsapp 

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok SNM
Copyright : SNM-ADV


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda