iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Kamis, 07 September 2023

Home > > RDTR Kawasan Strategis Cepat Tumbuh Ngrambe-Sine Jadi Acuan Dalam Pembangunan Daerah

RDTR Kawasan Strategis Cepat Tumbuh Ngrambe-Sine Jadi Acuan Dalam Pembangunan Daerah

DPUPR Ngawi-Bidang Tata Ruang gelar Konsultasi publik Penyusunan RDTR dan KLHS Kawasan Cepat Tumbuh Ngrambe-Sine 2023

SN-Media™ Ngawi-Sebagai acuan pembangunan daerah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Ngawi gelar konsultasi publik penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) serta Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) kawasan cepat tumbuh Kecamatan Ngrambe dan Sine, berlangsung di Kurnia Convention Hall Kamis (07/09/2023).

Wahyudi Puruhita, Kabid Tata Ruang pada DPUPR setempat dalam keterangannya mengatakan, mendasar Perpu Cipta Kerja pasasl 14 ayat (2), Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban untuk menyusun RDTR secara digital sesuai standart yang terintegrasi. 

Dia menambahkan, dalam mendetailkan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) untuk menyusun RDTR kawasan cepat tumbuh wilayah Kecamatan Ngrambe dan Sine, diharapkan untuk 20 tahun kedepan dapat tercapai kesesuaian fungsi sebagai alat pengendali pembangunan di Daerah. 

Dalam penyusunan RDTR tersebut, tentunya DPUPR Ngawi menjalin koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait kewilayahan, yaitu KLH Provinsi, Tata Ruang Provinsi, dan Bina Marga Provinsi, serta FPR (Forum Penataan Ruang) Ngawi. 

“Dengan konsultasi publik tersebut, diharapkan terdapat banyak masukan, penjaringan isu yang strategis, yang akan menjadi data primer dan nanti akan dianalisis pihak ketiga sebagai penyusun, sehingga menjadi RDTR yang berkualitas sebagaimana harapan masyarakat wilayah kecamatan Ngrambe dan Sine,” terang Wahyudi. 

Di Tempat yang sama, Misbahib Hmaha, salah satu narasumber dalam Konsultasi Publik penyusunan RDTR dan KLHS dari kampus PGRI Adi Buana Surabaya, menyampaikan bahwa kawasan Ngrambe - Sine, meskipun letaknya jauh dari kota Ngawi, namun mempunyai potensi yang luar biasa. 

"Dilhat dari sisi rencana tata ruang secara kewilayahan adalah agropolitan. Keberadaan kawasan Ngrambe-Sine dengan pelengkap terminal, pasar agro dan ATP (Agro Techno Park), dengan penyusunan RDTR, maka potensi tersebut menjadi satu kesatuan yang akan bisa menjadikan kawasan yang lebih hidup lagi,” terangnya. 

Terkonfirmasi, RDTR kawasan strategis cepat tumbuh, merupakan penjabaran dari kebijakan makro keruangan sebagaimana yang diatur dalam RTRW kabupaten sekaligus simpul penting dalam hierarki konsep penataan ruang. Sementara Pemerintah Kabupaten Ngawi, untuk Agro Techno Park (ATP) Ngrambe dengan konsep smart environment, kini telah ditetapkan menjadi kawasan wisata prioritas sebagai bagian dari program Selingkar Wilis.

Pewarta: DaM
Editor : Asy
Foto : Dok dam
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda