iklan

Iklan Hari Jadi Ngawi 666
media online pemberitaan kabupaten ngawi
Diberdayakan oleh Blogger.
Custom Search

Jumat, 22 Maret 2024

Home > > Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemdes Gemarang Lakukan Pavingisasi Jalan Usaha Tani

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemdes Gemarang Lakukan Pavingisasi Jalan Usaha Tani

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemdes Gemarang Lakukan Pavingisasi Jalan Usaha Tani

SN-Media™ Ngawi-Salah satu komponen penting penggunaan Dana Desa, diantaranya mewujudkan ketahanan pangan dan hewani, maka pihak Pemerintah Desa Gemarang, Kecamatan Kedunggalar Ngawi, melalui TPK, merealisasikan pavingisasi Jalan Usaha Tani, masuk Dusun Jambe dengan DD Tahun Anggaran 2024.

kades Gemarang Sunarni memaparkan, infrastruktur pertanian merupakan hal yang penting, mengingat sebagian besar penduduk desa adalah petani. 

“Dengan adanya pavingisasi jalan usaha tani, diharapkan mampu membawa dampak positik dari berbagai sisi maupun aspek,” terang dia. 

Anggaran sebesar Rp 183 juta dengan volume 4 x 204 meter melalui DD 2024, masih menurut Kades Sunarni, adalah mendasar kesepakatan dalam menerapkan program penggunaan DD 2024 melalus Musdes yang melibatkan berbagai elemen masyarakat desa. 

Lebih lanjut dia menegaskan, bahwa pembangunan pavingisasi Jalan Usaha Tani, juga diharapkan mampu memangkas biaya operasional petani saat tanam maupun panen, karena kases mobilitas bisa terjangkau hingga lahan persawahan. 

Dapat diinformasikan, mekanisme pencairan Dana Desa 2024 meliputi 2 komponen yakni Dana Desa yang ditentukan penggunaannya serta Dana Desa yang tidak ditentukan penggunaannya serta DD yang tidak ditentukan penggunaannya. 

Untuk DD yang tidak ditentukan penggunaannya, dapat untuk membiayai kegiatan prioritas desa sesuai dengan RKPDes maupun APBDes. 

Sedangkan komponen Dana Desa yang ditentukan penggunaannya, lebih kepada kegiaatan yang berkaitan dengan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa), ketahanan pangan dan hewani, kemudian dalam rangka penurunan stunting sesuai kewenangan desa. 

Simak Berita Menarik Lainnya di: Google News 

Pewarta : Asri
Editor : Asy
Foto : Dok Panji
Copyright : SNM


Berita Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Terima-kasih atas partisipasi anda